Pasca Erupsi Gunung Merapi, Warga Diminta Jauhi Radius 3 KM

Erupsi Gunung Merapi. Antara Foto/Rudi

SEMARANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng meminta warga menjauhi area dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi, setelah letusan gunung pada pukul 10.46 WIB, Minggu (17/11/19) kemarin.

Kepala BPBD Provinsi Jateng, Sudaryanto mengatakan, saat ini masih ada potensi bahaya dari luncuran awan panas akibat runtuhnya kubah lava dan sebaran abu vulkanik.

“Gunung Merapi sejak Mei 2018 memang di level dua terus, ini masih ada kemungkinan letusan, karena material di kubahnya masih ada sehingga tidak tahu sewaktu-waktu,” ujar Sudaryanto, Senin (18/11/19).

“Radius tiga kilometer dari puncak harus aman, masyarakat jangan ada yang beraktifitas supaya tidak ada korban,” sambungnya.

Dia melanjutkan, kondisi Gunung Merapi saat ini sudah aman dan terkendali. BPBD Jateng saat ini telah menyebar masker untuk tiga kabupaten yakni di Boyolali, Klaten dan Magelang.

“Kami sudah membagikan masker untuk masyarakat di tiga kabupaten. Tidak ada yang mengungsi, kalau ada pasti logistik kita siapkan,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here