Ekonomi BisnisPelanggan PGN Bisa Catat Meter Mandiri Untuk Akurasi Tagihan...

Pelanggan PGN Bisa Catat Meter Mandiri Untuk Akurasi Tagihan Pemakaian Gas

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Untuk kemudahan Pelanggan dan mengoptimalkan akurasi tagihan pemakaian gas, PGN memperkenalkan Aplikasi PGN Mobile yang dapat digunakan oleh Pelanggan PGN untuk melakukan Catat Meter Mandiri.

PGN kembali melanjutkan program Catat Meter Mandiri (“CMM”) untuk seluruh pelanggan Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil. Untuk mempermudah program CMM, PGN telah menyediakan fitur CMM tersebut pada aplikasi PGN Mobile. Pelanggan dapat melaporkan angka terkini stand meter gas kepada PGN sehingga pencatatan meter dan tagihan pemakaian gas lebih akurat meskipun tidak dilakukan pencatatan meter aktual di lapangan oleh petugas PGN.

“Melalui aplikasi PGN Mobile yang dapat diunduh melalui App Store atau Google Play Store, pelanggan dapat mengklik menu CATAT METER MANDIRI lalu menuliskan ANGKA STAND dan mengunggah Foto Meter gas kondisi terbaru dan KIRIM,” kata Sales Area Head Semarang dan Sekitarnya Mochammad Arif pada Senin (27/09).

Dalam implementasi CMM, Petugas Pencatat Meter PGN akan tetap datang ke rumah pelanggan setiap 3 (tiga) bulan sekali. Pada saat tidak dilakukan catat meter aktual oleh Petugas Pencatat Meter PGN atau CMM oleh pelanggan, maka dasar penagihan pemakaian gas menggunakan estimasi pemakaian gas rata-rata 12 (dua belas) bulan terakhir. Atas estimasi pemakaian tersebut selanjutnya akan dilakukan penyesuaian tagihan jika ada kelebihan atau kekurangan pemakaian gas saat dilakukan pencatatan meter aktual oleh Petugas Pencatat Meter PGN yang datang setiap 3 (tiga) bulan sekali.

Penyesuaian Nilai Jaminan Pembayaran
Selain menghimbau pelanggan melakukan CMM, PGN juga menginformasikan penyesuaian Nilai Jaminan Pembayaran (JP). Pelanggan Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil yang dibangun dengan dana Non-APBN atau kelompok pelanggan PGN Sayang Ibu, PGN telah memberlakukan JP sejak pertama kali berlangganan gas.

Sedangkan untuk pelanggan Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil yang dibangun dengan dana APBN atau kelompok pelanggan Jargas APBN, PGN akan memberlakukan JP apabila pelanggan tersebut melakukan wanprestasi (terlambat membayar atau tidak melunasi tagihan sampai dengan jatuh tempo pembayaran atau tanggal 20 bulan penagihan).

Menindaklanjuti Peraturan BPH Migas Nomor 13, 14 dan 15 tahun 2021 tentang Harga Jual Gas Bumi melalui Pipa untuk Konsumen Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil pada Jaringan Pipa Distribusi Kabupaten Gresik, Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo Propinsi Jawa Timur, maka PGN akan melakukan penyesuaian Nilai JP atas nilai JP yang sudah tersedia saat ini, baik untuk pelanggan PGN Sayang Ibu dan Jargas APBN (yang melakukan wanprestasi).

Besaran Nilai JP sekurang-kurangnya 2 (dua) X pemakaian rata-rata gas X harga gas yang berlaku. JP merupakan sarana bagi PGN untuk memastikan tersedianya pembayaran ke pemasok gas sehingga pasokan gas ke pelanggan senantiasa terjamin dan mencegah risiko dicabutnya meter gas secara langsung apabila pelanggan terlambat melakukan pembayaran. Nilai JP tersebut akan dikembalikan kepada pelanggan apabila pelanggan berhenti berlangganan gas.

Apabila pelanggan ingin mengajukan pertanyaan seputar berlangganan gas, PGN kini telah membuka Whatsapp di nomor 08151 1500645 mendampingi Nomor telepon call center 1500645.

Sekilas Info Mengenai PGN
PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) adalah perusahaan nasional yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi. PGN saat ini melayani kebutuhan energi gas bumi untuk semua segmen pelanggan, mulai dari pelanggan Rumah Tangga (RT), Pelanggan Kecil – termasuk diantaranya UMKM (PK) serta pelanggan Komersial Industri – termasuk juga untuk sector transportasi (KI). PGN menyalurkan gas bumi dari hulu/ pemasok gas ke seluruh segmen pelanggan tersebut melalui moda jaringan pipa dan non pipa (CNG/LNG) yang dikelola oleh Sales and Operation Region (SOR). SOR III adalah Satuan Kerja PGN yang melayani penjualan gas bumi dan operasionalnya di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi hingga Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Pengusaha Makin Sadar Pakai Dexlite

SEMARANG– Kesadaran penggunaan Dexlite sebagai bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan dengan emisi pembakaran yang rendah di kalangan pengusaha...

XL Axiata dan Vision+ Luncurkan Paket Bundling

JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat bisnis layanan Over The Top (OTT) dan layanan hiburan, seiring...

PLN Gelar PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride

JAKARTA– PLN kembali menggelar kegiatan virtual charity run and ride pada 16 Oktober s.d. 7 November 2021. Virtual Charity...

Ajak Masyarakat Bijak Gunakan BBM, Pertamina Dorong Solar Subsidi Tepat Sasaran

SEMARANG – Sebagai badan usaha yang menerima penugasan dari pemerintah dalam menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi, dalam hal...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Hotel Santika Pekalongan Gratiskan Ambil Kopi dan Teh Setiap Hari

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan merupakan salah satu hotel bintang 3 yang terletak di Kota Pekalongan. Memiliki letak yang...

Menjadi Programmer Sukses Masa Kini

JEPARA - Market Corner Goes To School yang merupakan kegiatan kolaborasi antara Up Radio dan Gmedia yang  pada bulan...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda