UmumTransportasiPembangunan Bandara Wirasaba di Purbalingga Selesai April 2020

Pembangunan Bandara Wirasaba di Purbalingga Selesai April 2020

-

- Advertisment -spot_img

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendampingi Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi meninjau lokasi pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman (Wirasaba) di Kabupaten Purbalingga, Selasa (12/3/2019)/Ist.

SEMARANG – Kementerian Perhubungan menargetkan pembangunan Bandara Wirasaba di Purbalingga, Jawa Tengah akan selesai dan dapat beroperasi pada April 2020.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman (Wirasaba) rencananya mulai dibangun pada April tahun ini.

“Saya cek ternyata hanya tinggal administrasi, lainnya sudah selesai. Pembangunan akan dilaksanakan pada April tahun ini dan akan selesai selama satu tahun, baik pembangunan landasan pacu maupun terminalnya,” katanya, Selasa (12/3/19).

Diterangkan, Bandara Wirasaba nantinya akan memiliki landasan pacu sepanjang 1.600 meter dengan lebar sekitar 30 meter. Dengan landasan pacu sepanjang itu, maka bisa digunakan untuk pesawat berbadan sedang seperti ATR.

“Jadi nanti dari Jakarta bisa langsung ke sini, akan membutuhkan waktu yang lebih cepat,” tegas Menhub.

Disinggung antisipasi sepinya bandara, Budi optimistis jika Bandara Wirasaba akan selalu ramai. Sebab menurutnya, Bandara ini memiliki lokasi sangat strategis dan berada di lokasi yang alternatif jalannya minim.

“Kalau di bandara lain kan aksesnya banyak, kalau di sini alternatif jalannya sedikit. Selain itu, lokasi eks Karesidenan Banyumas memiliki banyak potensi baik wisata, kerajinan dan sebagainya. Jadi saya optimistis Bandara ini akan selalu ramai dan mempercepat pembangunan di wilayah sekitarnya,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, pembangunan Bandara Wirasaba merupakan momentum kebangkitan wilayah Selatan Jateng.

“Ini momentum untuk wilayah-wilayah selatan, khususnya eks Karesidenan Banyumas bangkit. Begitu bandara jadi, pertumbuhan ekonomi pasti akan meningkat. Apalagi daerah-daerah sini memiliki banyak potensi baik pariwisata, kerajinan, kuliner yang itu akan membuat lokasi ini banyak dikunjungi wisatawan,” katanya.

Purbalingga dan Banyumas, lanjut Ganjar, pasti akan menjadi penerima pertama dari manfaat pembangunan bandara. Namun, dia meyakini jika efek Bandara Wirasaba akan semakin meluas dan menjangkau daerah-daerah lainnya.

“Pemalang, Wonosobo, Banjarnegara dan daerah lain pasti juga akan terdampak. Untuk itu saya pesan, tolong dipersiapkan sejak dini semua hal, khususnya aksesbilitasnya harus diperhatikan jauh-jauh hari,” tegasnya.

Selain soal akses, promosi pariwisata, kesenian dan kuliner juga harus gencar dilakukan mulai saat ini. Semua potensi yang ada, misalnya industri wig, knalpot, kopi, serta kuliner andalan harus dikenalkan kepada masyarakat.

“Jadi nanti wisatawan kalau mau ke sini itu ada apa ya? Oh ada Owabong, ada Goa Lawa, agak jauh ada Dieng. Mau makanan yang enak apa ya? Ada sate, es duren dan banyak lainnya. Mulai sekarang harus terus dipromosikan, agar nanti saat bandara jadi, orang sudah tahu,” tukasnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Jangkau Publik Lebih Besar Mengenal Solusi HVAC, LG Perkenalkan Showroom Virtual

JAKARTA— Memanfaatkan terapan teknologi digital, LG Electronics (LG) memperkenalkan sebuah ruang pamer online yang dibuat khusus bagi produk solusi...

PLN UP3 Purwokerto Sinergi Terangi Negeri

PURWOKERTO - PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Purwokerto, melaksanakan Multi Stakeholder Forum (MSF) Tahun 2021 Kamis...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Profil dan Biodata Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata Lengkap, Pendidikan hingga Berbagai Pengalamannya

SEMARANG - Profil dan biodata Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata lengkap dari pendidikan hingga berbagai pengalamannya. Anda...

Dukung PTM dan Masa Libur Akhir Tahun, Link Net Salurkan 5.000 Healthy Kit

JAKARTA – Dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk menekan potensi penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM)...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda