NasionalPemda Provinsi Jabar Perluas Akses Modal Penyandang Disabilitas Lewat...

Pemda Provinsi Jabar Perluas Akses Modal Penyandang Disabilitas Lewat Kredit Mesra

-

- Advertisment -spot_img

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menghadiri acara Sapa Warga di Kampung Buricak Burinong, Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Sabtu (15/2/20). (Foto: Pipin/Humas Jabar)

KAB. SUMEDANG — Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) bersama bank bjb berupaya memperluas akses permodalan bagi penyandang disabilitas melalui bjb MESRA (Masyarakat Ekonomi Sejahtera).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, bjb Mesra membuka pintu selebar-lebarnya bagi penyandang disabilitas untuk mengembangkan usahanya.

“Ada penambahan platform untuk Kredit Mesra. Harapannya, 270 desa di Sumedang semuanya sudah terakses ke 270 masjid yang menjadi mitra dan akan disalurkan bank bjb,” kata Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– dalam acara Sapa Warga di Desa Wisata di Kecamatan Cisema, Kabupaten Sumedang, Sabtu (15/2/20).

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi, dalam sambutannya, menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen memberdayakan penyandang disabilitas dengan membuka akses permodalan. Menurut dia, penyandang disabilitas pun harus diberi kesempatan untuk mengembangkan usaha.

“Maka, di tahun ini, bank bjb Mesra, dapat diakses oleh penyandang disabilitas dengan biaya administrasi yang lebih rendah,” kata Yuddy.

“Penyandang disabilitas merupakan masyarakat Jabar yang harus diberikan kesempatan yang sama dengan masyarakat lainnya, termasuk dalam pengembangan usahanya,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Jabar Kustini menyambut baik program tersebut. Dengan adanya akses permodalan, dia optimistis kemandirian penyandang disabilitas Jabar akan meningkat.

“Kelompok disabilitas masih sulit mengakses permodalan. Dengan adanya Mesra ini, tanpa anggunan, biaya administrasi ringan, kemudian juga tidak berkelompok juga, itu memudahkan sekali bagi penyandang disabilitas untuk mengembangkan usahanya,” kata Kustini.

Kustini menyatakan, HWDI Jabar akan menyosialisasikan bjb Mesra kepada kelompok-kelompok disabilitas di Jabar. Selain itu, kata dia, pihaknya dan bank bjb akan memberikan pelatihan dan edukasi terkait kewirausahaan.

“Jika teman-teman sudah memiliki usaha, ini ada bjb Mesra yang bisa mendorong dan membangun usaha kelompok disabilitas,” ucapnya.

“Saya yakin dengan bjb Mesra ini, mereka (penyandang disabilitas) akan termotivasi untuk mengembangkan usaha. Mudah-mudahan makin banyak kelompok disabilitas yang mampu membangun usahanya,” kata Kustini mengakhiri.

Adapun bank bjb sudah menyalurkan dana sebesar Rp8,1 miliar kepada 202 rumah ibadah dan 383 kelompok masyarakat selama satu tahun melalui program bjb Mesra. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda