NasionalPemenang The NextDev Telkomsel Raih Penghargaan Best 5 di Ajang MWC...

Pemenang The NextDev Telkomsel Raih Penghargaan Best 5 di Ajang MWC 2019

-

- Advertisment -spot_img

Project Manager The NextDev Telkomsel Steve Saerang (kiri) bersama Dian Prayogi Susanto CEO Habibi Garden saat penghargaan Global Mobile (GLOMO) Awards 2019 di Barcelona, Spanyol, (26/2)

BARCELONA – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia memiliki perwakilan di Global Mobile (GLOMO) Awards 2019 dalam Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2019: Pemenang The NextDev Telkomsel 2016 yaitu Habibi Garden. Startup Internet of Things (IoT) di bidang agrikultur ini mendapatkan penghargaan Best 5, menyisihkan 1.080 pesaing yang terdaftar untuk nominasi kategori ‘Social Good: Outstanding Mobile Contribution to UN SDGs’.

Ajang tahunan ini diadakan di Barcelona, Spanyol pada tanggal 26 Februari 2019.
Habibi Garden merupakan startup yang mengkombinasikan model implementasi Sensor Agrikultur Presisi Habibi Garden dan teknologi Narrow Band Internet of Things (NB-IoT) Telkomsel. Dengan hal tersebut, Habibi Garden mampu memberikan data terkini tentang kondisi tanah dan nutrisi dalam tanaman melalui ponsel pintar untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan mengurangi kemungkinan gagal panen.

Habibi Garden telah digunakan oleh lebih dari 1.300 petani di Indonesia, memberikan dampak sosial yang dapat langsung dirasakan melalui penggunaan sekitar 600 sensor yang tersebar di Jawa dan Sumatera. Habibi Garden pun berhasil meningkatkan nilai panen keseluruhan hingga total 8 miliar Rupiah dalam waktu kurang dari 10 bulan.

Teknik koleksi data pertanian, implementasi sistem irigasi otonomis, dan penggunaandashboard yang diperkuat dengan Artificial Intelligence (AI) dan Machine-Learning dari Habibi Garden mampu membantu petani memahami tanaman secara lebih baik. Di samping itu, solusi ini juga memungkinkan petani untuk membuat keputusan berdasarkan fakta lapangan, tidak lagi bergantung pada intuisi dan kebiasaan belaka.

GLOMO Awards 2019 melihat bahwa solusi kolaboratif ini ternyata tidak hanya membantu petani secara teknis, namun juga secara sosial. Pengalihan metode cocok-tanam tradisional ke modern menggunakan teknologi digital dan solusi pendanaan yang tepat guna ini selaras dengan berbagai poin dalam panduan pengembangan sosial dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB): United Nations’ Sustainable Development Goals, terkait no poverty, zero hunger, good health and well-being, decent work and economic growth, industry, innovation, and infrastructure, reduced inequalities, sustainable cities and communities, responsible consumption and production, life on land, dan partnerships for the goals.

GLOMO Awards memberikan kesempatan bagi para pelaku teknologi dan telekomunikasi untuk menunjukkan kualitas terbaik dari produk, aplikasi, gawai, layanan, dan inisiatif mereka. GLOMO Awards juga mendukung terciptanya nilai lebih bagi ekosistem mobiledigital di dunia, karena perhelatan akbar ini terbuka bagi seluruh pelaku dalam ekosistem komunikasi seluler, mulai dari operator, pabrikan, hingga penyedia jasa dan pendukung industri dari bidang lain, seperti keuangan, energi, hiburan, periklanan, komputer, edukasi, otomotif, kesehatan, dan lain sebagainya, di mana produk dan layanan seluler digunakan atau dikembangkan.

Sesi penjurian untuk ajang penghargaan internasional paling bergengsi untuk industri teknologi dan telekomunikasi sedunia ini akan berlangsung pada tanggal 25 Februari 2019, diikuti dengan malam penganugerahan pada hari berikutnya tanggal 26 Februari 2019 di Spanyol. Posisi Best of The Best dianugerahkan kepada World Food Programme for SCOPE CODA, sementara Habibi Garden mendapatkan title Best 5 ofOutstanding Mobile Contribution to UN SDGs at GLOMO Awards 2019.

Denny Abidin, GM External Corporate Communications Telkomsel  mengatakan “Kami sangat bangga dan merasa terhormat karena salah satu startup hasil karya anak bangsa yang telah kami bangun bersama Telkomsel The NextDev, mendapatkan penghargaan Best 5 di GLOMO 2019 ini. Kami berharap semakin banyak pemuda Indonesia yang terinspirasi dan menghasilkan ide-ide mereka untuk membantu dan membangun Indonesia”.

The NextDev Telkomsel adalah ajangpencarian dan pengembangan startup teknologi terbaik Indonesia yang memiliki kemampuan untuk memberikan dampak sosial terbesar yang bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas technopreneurs sosial melalui pengembangan diri, pendalaman penelitian dan pengembangan pengguna, design sprint, branding, pengembangan produk dan model bisnis.

Melalui The NextDev, Telkomsel mewadahi potensi besar generasi muda Indonesia dan mendorong kontribusi sosial dan ekonomi yang positif. Melalui pemanfaatan teknologi digital secara tepat guna, kreasi anak bangsa akan menghasilkan aplikasi digital yang mampu menjadi solusi bagi masyarakat.
Program The NextDev 2019 akan membuka pendaftaran kembali tahun ini mulai tanggal 1 Maret 2019 melalui website: www.thenextdev.id. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

JNE Ikut ‘Mengantarkan’ Kesuksesan Bigissimo

SEMARANG - Kesuksesan penjualan produk fashion bigsize yang digeluti Prasina Dewi Nur Cahyani melalui brand Bigissimo tak terlepas juga...

Kerja Sama XL Axiata – Bank BCA Permudah Pelanggan Beli Paket Data

JAKARTA– PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menjalin kerjasama strategis dengan Bank Central Asia (BCA) guna mempermudah pelanggan yang...

Stall Gerobak Nasi Goreng Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Berbagai Menu makanan dengan bahan dasar nasi sepertinya masih menjadi idola untuk masyarakat Indonesia. Sebut saja Nasi...

Bentomie, Perpaduan Mie dan Bento

SEMARANG- Pengunjung Prima Raja Resto yang berada di kawasan Puri Anjasmoro Semarang kini diberikan ragam pilihan menu. Selain seafood...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Masjid Megah Pendiri JNE, diresmikan Gubernur Bangka Belitung

BANGKA BELITUNG– Masjid Jami’ Soeprapto Soeparno pertama kali dibangun oleh pendiri JNE, Almarhum Bapak H. Soeprapto Soeparno tahun 1979....

XL Axiata Dukung Geliat Wisata Jawa Tengah

*Pastikan Kualitas Jaringan di Magelang, Wonosobo, dan Temanggung MAGELANG- Industri wisata di Jawa Tengah terus menggeliat dan mencoba bangkit, antara...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda