Pemerintah Diminta Tegas dalam Menindak Penyalahgunaan Lahan Pertanian

Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah, Ahsin Ma’ruf saat memberi keterangan kepada media, Senin (24/9).

SEMARANG- Anggota Komisi B, DPRD Provinsi Jawa Tengah, Ahsin Ma’ruf meminta agar pemerintah tegas dalam menindak para oknum yang menyalahgunakan lahan pertanian baik untuk hunian, industri serta lainnya.

“Pemerintah harus konsisten terhadap itu (penindakan penyalahgunaan lahan). Kadang pemerintah tidak konsisten, mestinya untuk pertanian digeser – geser untuk hunian akhirnya dibolehkan. Pemerintah harus tegas, diberi peringatan dan denda,” ujar Ahsin, Senin (24/9).

Dikatakan, roformasi agraria saat ini memang belum bisa dinikmati petani. Masih ada saja masalah baik itu dari BUMN, Pemerintah maupun swasta.

“Saya mohon konflik terkait pemanfaatan lahan bisa diselesaikan. Kalau itu betul bisa dikelola masyarakat apa beratnya diberikan kepada rakyat,” ujarnya.

Disebutnya, penggunaan lahan harus betul – betul diawasi karena jika tidak, lahan pertanian akan habis.

Di sisi lain, lanjutnya petani yang selama ini diidentikkan dengan kemiskinan juga perlu diubah bahwa menjadi seorang petani juga punya nilai ekonomi yang tinggi.

“Petani selalu diidentikkan dengan kemiskinan. Maka mulai sekarang harus kita angkat bagaimana petani punya kedudukan mulia, sebuah profesi yang punya nilai ekonomi,” jelasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here