Pemilu 2024, IPHI Jateng Siap Bersikap Netral

0
Ketua Pengurus Wilayah IPHI Jateng Prof Dr KH Imam Taufiq bersama para Ketua Pengurus Daerah Kabupaten/Kota se-Jateng membaca ikrar ‘’Deklarasi Pemilu Damai’’ di Gedung Gradhika Bhakti Pradja, Kompleks Gubernuran, Jalan Pahlawan Semarang, Minggu (12/11). Foto : ist/zonapasar.com

ZONAPASAR.COM, SEMARANG – Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaran Haji Indonesia (PW IPHI) Jawa Tengah berkomitmen turut serta mewujudkan Pemilu 2024 dengan damai dan bermartabat. Hal itu tertuang dalam ‘’Catur Satya’’ Deklarasi Pemilu Damai yang dibacakan Ketua PW IPHI Jateng Prof Dr KH Imam Taufiq MAg dan para Ketua Pengurus Daerah (PD) Kabupaten/Kota se-Jateng, di gedung Gradhika Bhakti Pradja, kompleks Gubernuran, Jalan Pahlawan Semarang, Minggu (12/11).

“IPHI adalah lembaga yang beranggotan umat Islam yang sudah haji yang berorientasi pada kemaslahatan dan kedamaian. Pemilu adalah pesta demokrasi dan jangan sampai menyebabkan perpepacahan umat. IPHI ingin Pemilu 2024 berjalan damai, nyaman dan bermartabat,” kata Imam Taufiq.

Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) IPHI bertema “Dengan Haji Mabrur Sepanjang Hayat, Kita Laksanakan Pemilu Damai yang Bermartabat”, dihadiri Pj Gubernur Jateng diwakili Sekda Jateng Sumarno, Ketua Umum PP IPHI Dr Ir H Erman Suparno MBA, MSI, Ketua Komisi E DPRD Jateng Abdul Hamid, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Jateng H Fitriyanto SAg MPdi dan para Pengurus Daerah Kabupaten/Kota se-Jateng.

Dikatakan Prof Imam Taufiq, menjelang pelaksanaan Pemilu serentak 2024, dinamika di masyarakat semakin ramai, baik di media sosial, media massa, maupun dunia nyata. Menurutnya, dinamika politik yang terjadi di masyarakat membutuhkan komitmen dan tanggungjawab seluruh pengurus IPHI sebagai tokoh agama dan tokoh masyarakat. IPHI sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang independen, tidak memihak, dan tidak berpoliik praktis.

“Pengurus dan anggota IPHI adalah tokoh agama dan tokoh masyarakat di daerahnya masing-masing. Mari kita Bersama-sama berihtiar mewujudkan Pemilu 2024 Bermartabat,” katanya.

Disisi lain, Prof Imam Taufiq menambahkan, melalui Rakerwil itu, diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat untuk memantapkan langkah yang terbaik melalui program-program yang merakyat dan menyejukan.

Konsolidasi Organisasi

Pada kesempatan itu Ketua Umum PP IPHI Dr Ir H Erman Suparno MBA, MSI menyematkan PIN IPHI kepada Sekda Jateng Sumarno dan Ketua PW IPHI Jateng Prof Dr Imam Taufiq.

Sekretaris IPHI Jateng Dr H Najahan Musyaffa MA menjelaskan, rakerwil yang berlangsung sehari tersebut bertujuan konsolidasi organisasi, melengkapi dan menyempurnakan program kerja serta menyusun rekomendasi menanggapi isu-isu aktual.

Pj Gubernur Jateng H Nana Sudjana dalam dalam sambutan dibacakan Sekda Jateng Sumarno mengatakan IPHI sebagai organisasi yang berkiprah di bidang sosial kemasyarakatan diharapkan menjadi penggerak bagi masyarakat lain, supaya menjadi pemilih cerdas dan tidak mudah terprovokasi dalam perhelatan Pemilu 2024 ini. “Dengan begitu, pemilu damai bisa terwujud,” katanya.

Selain itu, dia berharap IPHI bisa turut berpartisipasi dalam pembangunan di Jateng. Termasuk nilai-nilai keagamaan yang dipahami juga bisa disemaikan kepada masyarakat.

IPHI diharapkan bisa berkontribusi dalam penanganan kemiskinan, pengangguran, masalah anak putus sekolah, dan sebagainya. “Organisasi ini juga banyak yang menyelenggarakan pendidikan, sehingga itu bisa mengurangi anak putus sekolah di Jateng,” kata Pj Gubernur. Ketua Umum PP IPHI Dr Ir H Erman Suparno MBA, MSI dalam pidatonya mengatakan, pihaknya Tengah menggagas berdirinya Gedung Menara Haji di Jakarta. Dia merasa yakin dengan potensi jumlah anggota IPHI setiap tahun bertambah gagasan itu bisa diwujudkan.

‘’Saat ini IPHI Tengah merealisasikan pembentukan perwakilan IPHI Internasional. Yang sudah terbentuk di Arab Saudi, Malaysia, Singapura, dan Jerman. Faktanya di luar negeri banyak orang Indonesia yang sudah berhaji,’’ tegas Erman.

Program lainnya yaitu mewujudkan lumbung nasional. Budidaya tanaman pangan, perikanan, dan peternakan. Pengembangan teknologi tepat guna. Inovasi alat pendeteksi warna dan kesubuuran tanah. Digitalisasi data anggota. ‘’Dengan jumlah yang besar data anggota IPHI menjadi Bigdata yang bisa menjadi kekuatan komunitas dalam mendukung pembangunan bangsa,’’ katanya. Program Lumbung Nasional menurut mantan Menaker itu diwujudkan dalam bentuk budidaya tanaman pangan, perikanan,
dan peternakan.

Rakerwil IPHI disambung Saresahan dengan tema “Arah Kebijakan Istitha’ah Kementerian Agama dalam Pelaksanaa Ibadah Haji 2024” dengan menghadirkan pembicara Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah H Fitriyanto SAg MPdi, Ketua Umum PP IPHI Dr Ir H Erman Suparno dan Ketua PW IPHI Jateng Prof Dr Imam Taufiq.

PW IPHI Jateng merekomendasikan lima poin. Salah satunya mendukung Pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah yang berkualitas dan profesional serta mengusulkan adaya amandemen Undang-undang Penyelenggaraan Haji No 08 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umroh.(ule)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan

Verified by MonsterInsights