Pemkab Kendal Kukuhkan Tim Gitar Melodi Pencegahan Pernikahan Dini

0

KENDAL – Untuk mencegah pernikahan dini, Pemerintah Kabupaten Kendal mengukuhkan Tim Sinergitas Pentahelix untuk Rujukan, Kampanye, Konseling dan Edukasi (Gitar Melodi), di Pendapa Tumenggung Bahurekso, Selasa (8/10/2024).

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) Kabupaten Kendal, Albertus Hendri Setyawan selaku Ketua Tim Gitar Melodi mengatakan, pengukuhan Gitar Melodi merupakan langkah awal dalam membangun generasi muda yang lebih sehat, sejahtera, dan lebih ceria.

“Pernikahan dini bukan hanya masalah keluarga atau individu, tetapi juga masalah sosial yang berdampak luas pada masyarakat, terutama pada perkembangan anak-anak dan remaja kita. Jika dilihat berdasarkan data, menunjukkan pernikahan dini sering kali memicu berbagai masalah, seperti putus sekolah, tingginya angka kematian ibu dan bayi, serta meningkatnya kasus kekerasan dalam rumah tangga, sehingga masalah ini harus disikapi bersama dengan serius,” ujar Hendri.

Untuk itu, pihaknya akan terus mendorong misi baik tersebut untuk menyatukan kekuatan dari berbagai unsur pentahelix, di antaranya pihak pemerintah, masyarakat, akademisi, dunia usaha, dan media massa. Sebab, menurutnya, masing-masing elemen memiliki peranan yang sangat kuat dalam melakukan kampanye pencegahan pernikahan dini ini, sehingga dengan sinergitas tersebut dapat menyediakan rujukan yang tepat bagi masyarakat, yang memerlukan konseling dan edukasi seputar pernikahan dini.

“Selain itu, Pentahelix juga dapat menyelenggarakan program edukasi yang komprehensif bagi remaja dan keluarga, baik di sekolah, komunitas, maupun media sosial, tentang dampak pernikahan dini dan pentingnya melanjutkan pendidikan. Kemudian mengoptimalkan peran tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam memberikan nasihat dan dukungan moral, agar masyarakat memahami pentingnya kesiapan mental, fisik, dan ekonomi dalam pernikahan,” imbuhnya.

Bupati Kendal melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Suharjo menyambut baik inovasi kolaborasi stakeholder pentahelix tersebut, dalam memberikan layanan Gitar Melodi bagi keluarga yang rentan pernikahan dini.

“Dengan pengukuhan ini, menegaskan komitmen kita untuk bekerja sama dalam mengatasi masalah pencegahan pernikahan dini, melalui pendekatan kolaboratif,” tutur Suharjo.

Menurutnya, pernikahan dini merupakan isu serius yang masih menjadi tantangan di banyak daerah, termasuk Kabupaten Kendal, sehingga hal ini patut menjadi keprihatinan dan perhatian bersama.

Suharjo berharap, Tim Gitar Melodi dapat berperan strategis melalui program rujukan, kampanye, konseling, dan edukasi. Dirinya juga berpesan, supaya Tim Gitar Melodi dapat bekerja dengan penuh semangat, dedikasi, dan tanggung jawab, meningkatkan kesadaran masyarakat dan keluarga, terutama anak-anak dan remaja, akan pentingnya menunda pernikahan hingga usia yang matang.

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan

Verified by MonsterInsights