Pemkot Semarang Bakal Gratiskan Sekolah Swasta Mulai 2020

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi/istimewa.

SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menargetkan, program sekolah swasta gratis di kota ini dapat berjalan mulai 2020 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan, program sekolah gratis akan diterapkan ke sekolah-sekolah swasta di 2020, sehingga nantinya tidak hanya sekolah negeri saja yang gratis.

“Mulai tahun depan, akan ada sekolah gratis untuk sekolah swasta,” kata Gunawan, Selasa (20/8/19).

Dikatakan, dari arahan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi sekolah gratis untuk sekolah swasta akan diberlakukan di 10 PAUD swasta, 10 SD swasta, dan 10 SMP swasta.

“Kebijakan ini untuk memfaslitasi keterbatasan kuota di sekolah negeri, sehingga bisa difaslitasi di sekolah swasta,” jelasnya.

Disebutnya, untuk anggaran akan diambil dari dana APBD, sehingga siswa disekolah-sekolah percontohan ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Untuk penerpannya, akan ditawarkan ke sekolah yang berminat dan diutamakan sekolah yang ada di lingkungan padat penduduk, dengan mayoritas penduduk kurang mampu.

“Kebijakan ini ngga semua sekolah mau. Karena ada sekolah swasta favorit, yang orangnya mampu. Sistemnya sekolah mendaftar, nanti akan dilakukan verifiaksi dari Disdik,” katanya.

Dikatakan, besaran anggaran saat ini belum diketahui jumlahnya. Namun ia membeberkan rencana besaran biaya sekolah yang akan diterima per anak. Untuk PAUD/TK setiap anak akan mendapatkan Rp 1,2 juta per tahun, sementar SD sebesar Rp 1,5 juta per tahun dan SMP Rp 1,8 pertahun.

“Nanti jumlahnya akan dihitung, jadi per kelas ada berapa siswa, terus ada berapa kelas. Nah itu jumlah anggarannya per sekolah, saat ini kita baru menawarkan sekolah mana yang berminat, dan tentu akan dilakukan verifikasi dulu,” tandasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here