Ekonomi BisnisPemprov Jateng Dorong Perusahaan Bayar Upah Pekerja Sesuai dengan...

Pemprov Jateng Dorong Perusahaan Bayar Upah Pekerja Sesuai dengan UMK

-

- Advertisment -spot_img

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Tengah, Kristono saat memberikan keterangan kepada wartawan, Jumat (29/11/19).

SEMARANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah mendorong perusahaan membayar upah pekerja sesuai dengan UMK yang sudah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Tengah, Kristono mengatakan, perusahaan sudah sepatutnya membayar upah pekerja sebagaimana UMK yang ditetapkan.

Adapun Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah menetapkan upah minimum di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah tahun 2020 rata-rata mengalami kenaikan 8,57 persen.

“Kita harapkan perusahaan jika tidak melakukan penangguhan bisa mengikuti putusan pemerintah untuk membayar gaji pekerja sesuai dengan UMK,” ujar Kristono, Jumat (29/19/19).

Dikatakan, hingga saat ini dari hampir 24 ribu perusahaan yang ada di Jateng belum ada yang mengajukan penangguhan untuk membayar upah sesuai UMK tersebut.

Ia pun meminta, jika perusahaan keberatan bisa segera mengajukan penangguhan yakni maksimal 10 hari sebelum UMK diberlakukan pada 1 Januari 2020.

“Tahu lalu hanya satu perusahaan yang mengajukan penangguhan, ada di wilayah Kendal. Itu biasa ada masalah dengan keuangan,” jelasnya.

Ia menyebutkan, Pemprov akan menerjunkan tim untuk melakukan pengawasan penerapan UMK di seluruh perusahaan yang ada di Jateng. Apabila ditemukan ketidaksesuaian, kata dia akan dilakukan evaluasi sebagian ketentuan yang berlaku.

Sementara itu, Ketua Komisi E DPRD Jawa Tengah, Abdul Hamid mengatakan, Dewan juga akan melakukan pengawasan langsung penerapan UMK 2020 tersebut.

“Kita tunggu per 1 Januari 2020. Kita akan muter atau roadshow untuk menilai secara langsung penerapan UMK dan melihat juga tenaga pengawas yang ada di Provinsi,” pungkasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda