UmumTransportasiPengamat Minta Pemerintah Sediakan Website Khusus Angkutan Pariwisata

Pengamat Minta Pemerintah Sediakan Website Khusus Angkutan Pariwisata

-

- Advertisment -spot_img

Pakar Transportasi Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno.

SEMARANG- Pakar Transportasi Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno meminta pemerintah menyediakan website yang bisa dibuka untuk memantau apakah angkutan pariwisata yang ada benar-benar layak operasi.

Djoko Setijowarno mengatakan, keberadaan angkutan pariwisata musti diperhatikan agar kejadian kecelakaan angkutan pariwisata tak memakan korban kembali.

“Kecelakaan bus pariwisata ini kan sering terjadi. Saya usul bagaimana pemerintah pusat bisa membuat website di mana semua bisa akses kalau dia akan mengunakan angkutan pariwisata itu,” katanya Rabu (13/11).

Dikatakan, malalui website tersebut nantinya bisa disediakan berbagai informasi mengenai angkutan pariwisata yang dimaksud sehingga calon yang ingin menggunakannya tahu kelayakan angkutannya. Jika tidak layak, maka sudah seharusnya dihindari dan memilih yang lebih baik.

“Kalau ada websitenya nanti bisa tahu benar enggak ini angkutan pariwisata, kalau enggak jangan mau. Kemudian di situ nanti juga bisa lihat KIR-nya ada tidak, sehingga kita punya jaminan,” ujarnya.

Selain itu lanjutnya, para colon penyewa angkutan pariwisata musti teliti dan jangan mudah tergiur dengan iming-iming harga yang murah. Menurutnya buka soal murah, namun keselamatan menjadi hal yang harus diutamakan.

“Sekolah dan kampus-kampus ini jangan mau ditawari angkutan yang murah kalau enggak selamat. Angkutan harus bagus,” ucapnya.

Di sisi lain, lanjutnya saat ini ketiadaan angkutan yang secara jelas bisa menuju ke lokasi wisata membuat biaya sewa angkutan menjadi mahal. Padahal ketika bisa dikelola dengan baik maka bisa jadi sumber pendapatan daerah.

“Kelemahan di Indonesia, seluruh objek wisata jarang ada angkutan umum menuju ke situ. Semua orang mesti dia sewa, itu yang menjadi mahal,” ucapnya.

Ditambahkan, keberadaan angkutan menuju lokasi pariwisata mendesak untuk diadakan agar biaya sewa maupun aksesnya menjadi mudah.

“Cobalah di atur angkutannya agar bisa terjadwal. Kalau sudah ada jadwal angkutan yang rutin nantikan sudah tidak perlu sewa lagi,” terangnya.

Ia berharap agar hal itu bisa mulai dibicarakan, karena sejauh ini Indonesia ketinggalan dibandingkan negara tetangga, yakni Malaysia maupun Thailand. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda