Ekonomi BisnisPengusaha Jateng Sambut Baik Perizian Online Single Submission

Pengusaha Jateng Sambut Baik Perizian Online Single Submission

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG- Kalangan Pengusaha di Jawa Tengah menilai peraturan perizinan Online Single Submission sangat memudahkan. Pasalnya, dengan izin berbasis online maka pengusaha bisa lebih mudah dalam mengurus izin usaha.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Jateng Frans Kongi mengatakan, perizinan dengan menggunakan online lebih praktis dan tidak menyulitkan pengusaha dalam mengurus izin usaha. Dia menilai Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Jateng sudah memberikan banyak kemudahan untuk perizinan.

“Sangat baik soal perizinan terutama Online Single Submission, karena memudahkan investor dalam mendirikan suatu usaha. Karena Pemda Jateng saat ini sangat pro akan investasi,” katanya, Kamis (9/8).

Kendati demikian, dikatakan Frans para pengusaha di Jateng menginginkan adanya sosialisasi secara menyeluruh. Sosialisasi secara besar akan membuka mata pengusaha jika kepengurusan izin di Jateng saat ini semakin mudah.

Dia menginginkan, DPMTSP Jateng melakukan sosialisasi terutama kepada para investor baru yang akan membuka perusahaan di Jawa Tengah.

“Kami dari pengusaha menginginkan, sosialisasi secara menyeluruh terutama kepada para investor baru jika mengurus izin usaha di Jateng itu sangat mudah dan tidak berbelit-belit,” tegasnya.

Lebih lanjut Frans berharap kepada pemerintah, untuk menyiapkan prasarana yang memadai untuk para investor. Selain itu, dia meminta Pemda untuk memperbanyak kawasan industri dengan harga tanah yang murah.

Disisi lain, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai, terobosan DPMPTSP Jateng adalah membuat Sistem Aplikasi Perizinan Jawa Tengah (Siap Jateng) sangat bermanfaat. Aplikasi itu khususnya untuk melayani perizinan supaya mudah, murah, cepat. Yang menjadi kelebihan aplikasi ini adalah, ketika syarat-syarat perizinan ada yang belum bisa terpenuhi, ada fitur pendampingan.

“Jadi setelah submit-submit biasanya kalau ada pesan ‘Anda tidak memenuhi syarat’, selesai. Maka, (pemohon) berikhtiar sendiri. Tapi kita nggak. Ditambahi satu fitur lagi,  dan didampingi agar bisa memenuhi syarat yang ditetapkan,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Pameran Property Expo Semarang Cetak Transaksi Rp 28 Miliar

SEMARANG - Pameran Property Expo Semarang mendapatkan hasil menggembirakan bagi para pengembang di awal tahun 2022. Pemeran perdana yang digelar...

GTSI Kembali Dikontrak BP Berau Ltd.

JAKARTA– PT GTS Internasional Tbk. (GTSI) melalui salah satu anak perusahaannya PT Hikmah Sarana Bahari (HSB) berhasil mendapatkan kepercayaan...

Empal Krispi Sajian Baru Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan kembali mengeluarkan special menu di awal tahun 2022 ini. Menu ini sangat cocok untuk...

Smartfren Hadirkan Unlimited Terbaru, No Drama No Ribet dengan Promo Dua Kali Lebih Besar

JAKARTA –  Selaras dengan kebutuhan generasi masa kini  yang selalu keep connected ke internet, maka di awal tahun ini...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina Tegaskan WA Undian Berhadiah HOAX

SEMARANG- PT Pertamina (Persero) menegaskan, pesan berantai yang beredar melalui sejumlah saluran media seperti Whatsapp terkait undian berhadiah...

25 Konsumen Pertama di Kota Semarang Terima Honda All New BR-V

SEMARANG- Mengawali tahun 2022, Honda Semarang Center melakukan penyerahan perdana secara simbolik 25 unit All New Honda BR-V kepada...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda