Ekonomi BisnisPengusaha Jateng Sambut Baik Perizian Online Single Submission

Pengusaha Jateng Sambut Baik Perizian Online Single Submission

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG- Kalangan Pengusaha di Jawa Tengah menilai peraturan perizinan Online Single Submission sangat memudahkan. Pasalnya, dengan izin berbasis online maka pengusaha bisa lebih mudah dalam mengurus izin usaha.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Jateng Frans Kongi mengatakan, perizinan dengan menggunakan online lebih praktis dan tidak menyulitkan pengusaha dalam mengurus izin usaha. Dia menilai Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Jateng sudah memberikan banyak kemudahan untuk perizinan.

“Sangat baik soal perizinan terutama Online Single Submission, karena memudahkan investor dalam mendirikan suatu usaha. Karena Pemda Jateng saat ini sangat pro akan investasi,” katanya, Kamis (9/8).

Kendati demikian, dikatakan Frans para pengusaha di Jateng menginginkan adanya sosialisasi secara menyeluruh. Sosialisasi secara besar akan membuka mata pengusaha jika kepengurusan izin di Jateng saat ini semakin mudah.

Dia menginginkan, DPMTSP Jateng melakukan sosialisasi terutama kepada para investor baru yang akan membuka perusahaan di Jawa Tengah.

“Kami dari pengusaha menginginkan, sosialisasi secara menyeluruh terutama kepada para investor baru jika mengurus izin usaha di Jateng itu sangat mudah dan tidak berbelit-belit,” tegasnya.

Lebih lanjut Frans berharap kepada pemerintah, untuk menyiapkan prasarana yang memadai untuk para investor. Selain itu, dia meminta Pemda untuk memperbanyak kawasan industri dengan harga tanah yang murah.

Disisi lain, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai, terobosan DPMPTSP Jateng adalah membuat Sistem Aplikasi Perizinan Jawa Tengah (Siap Jateng) sangat bermanfaat. Aplikasi itu khususnya untuk melayani perizinan supaya mudah, murah, cepat. Yang menjadi kelebihan aplikasi ini adalah, ketika syarat-syarat perizinan ada yang belum bisa terpenuhi, ada fitur pendampingan.

“Jadi setelah submit-submit biasanya kalau ada pesan ‘Anda tidak memenuhi syarat’, selesai. Maka, (pemohon) berikhtiar sendiri. Tapi kita nggak. Ditambahi satu fitur lagi,  dan didampingi agar bisa memenuhi syarat yang ditetapkan,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Dipimpin Evolusi OLED, Lini TV LG Tahun 2021 Siap Meluncur

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia (LG) mengeluarkan pernyataan kesiapan perusahaan dalam memperkenalkan lini TV terbarunya di tahun ini....

SIG Bukukan Laba Rp450,36 Miliar

*Kuartal I Tahun 2021 JAKARTA– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Kuartal I tahun 2021 mencatatkan laba yang dapat diatribusikan...

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

*Kembangkan Desa Digital BOYOLALI- PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12...

Jelang Larangan Mudik, 27 Ribu Kendaraan Sudah Masuk Jateng Via Tol

SEMARANG - Jasa Marga Semarang-Batang mencatat 27 ribu kendaraan sudah memasuki Jawa Tengah hingga 1 Mei 2021 jelang larangan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Santika Indonesia Hotels and Resorts Raih Penghargaan sebagai Perusahaan Tahan Pandemi

SEMARANG - Santika Indonesia Hotels & Resorts boleh berbangga diri karena pada peringatan Hari Buruh International, yang jatuh pada...

KA Jarak Jauh Untuk Perjalanan Mendesak dan Non Mudik

SEMARANG- Pada periode 6-17 Mei 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan Kereta Api Jarak Jauh hanya bagi pelaku...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda