NasionalPenyandang Disabilitas di Jateng Bisa Ikut Daftar CPNS Formasi...

Penyandang Disabilitas di Jateng Bisa Ikut Daftar CPNS Formasi Umum

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah mengingatkan masyarakat agar tak tergiur calo yang menjanjikan meluluskan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), khususnya pada perekrutan CPNS lingkup Pemprov Jateng. Mereka juga diminta lebih cermat dalam menentukan pilihan formasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah Wisnu Zaroh mengatakan, pada rekrutmen CPNS tahun ini, Pemprov Jateng mendapat kuota 1.409 orang CPNS. Terdiri dari 551 orang tenaga guru, 316 orang tenaga kesehatan, dan 542 orang tenaga teknis.

Selain formasi umum, ada formasi khusus pada penerimaan CPNS 2019. Untuk formasi khusus, yang dibutuhkan meliputi cumlaude 30 formasi dan disabilitas sebanyak 28 formasi.

“Tapi disabilitas juga dapat melamar pada formasi umum dalam jabatan yang telah ditentukan,” bebernya baru-baru ini.

Diakui, setiap ada perekrutan CPNS pasti ada pihak tak bertanggung jawab yang berupaya mencari keuntungan pribadi. Mereka menawarkan janji bisa meluluskan perekrutan dengan imbalan uang. Karenanya, masyarakat diminta waspada karena dalam seleksi CPNS tidak dipungut biaya apa pun.

Wisnu juga mengingatkan agar pendaftar lebih cermat dan teliti menentukan pilihan. Sebab, setiap orang yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) hanya bisa mendaftar satu kali, satu formasi, satu jabatan.

“Makanya, baca dengan cermat dan teliti setiap informasi yang terdapat di pengumuman, karena hanya bisa mendaftar satu kali, satu formasi, satu jabatan. Ada kesalahan tidak bisa diulangi. Riset pendaftar di unit kerja sesuai kualifikasi agar punya peluang besar untuk lulus. Misalnya, jika pesaingnya kecil, bisa diambil,” ujar Wisnu.

Lantas, apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar? Dia menyampaikan, dokumen umum yang dibutuhkan, antara lain KTP atau surat keterangan sudah melakukan perekaman e-KTP, pas foto dengan latar belakang berwarna merah, ijazah, transkrip, surat lamaran, akreditasi program studi pada tahun lulus bagi perguruan tinggi swasta, serta dokumen lain yang dipersyaratkan sesuai formasi dan jabatan.

Ditambahkan, tahapan rekrutmen akan dilaksanakan pada 11 November mendatang, selama 15 hari. Informasi pendaftaran bisa diakses di https://sscasn.bkn.go.id  dan https://jatengprov.go.id.

“Ingat, perhatikan benar syaratnya. Hanya unggah dokumen yang sesuai persyaratan. Gunakan PC (personal computer) atau laptop saat pendaftaran. Jangan gunakan smartphone atau tablet. Pendaftar juga harus punya imel aktif,” tegasnya.

Jika ditemukan kesulitan, pelamar dapat mengakses informasi melalui Frequently Asked Question (FAQ) pada SSCASN yang menyediakan jawaban atas persoalan yang umumnya menjadi kendala pelamar. Pelamar juga dapat menghubungi Help Desk Pengadaan CPNS Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang tercantum pada pengumuman.

“Jika masih bingung atau ada pertanyaan, sampaikan melalui medsos BKD Jateng, baik twitter atau facebook. Bisa juga ke hotline 0811277346, atau kalau kurang puas silakan datang ke kantor kami,” tandasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Wartawan Dan Polresta Banyumas Bagikan Paket Sembako

PURWOKERTO - Covid 19 bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, baik usia muda, dewasa maupun tua. Virus yang mematikan...

JNE dan Dompet Kemanusiaan Media Group Kirim Tabung Oksigen Gratis ke RSUP Kariadi Semarang

SEMARANG – Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum berakhir dan dampak yang ditimbulkan hingga saat ini sangat berpengaruh besar...

Telkomsel Ajak Masyarakat Lakukan #YangKitaBisa

JAKARTA – Sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang tengah menghadapi pandemi, Telkomsel berupaya untuk menempatkan diri berdampingan bersama masyarakat...

Komunitas Tionghoa Semarang Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak PPKM Darurat

SEMARANG - Perserikatan Organisasi Indonesia Tionghoa (PORINTI) Kota Semarang membagikan sembako kepada warga terdampak PPKM Darurat. Pembagian tersebut dilakukan bersama...
- Advertisement -spot_imgspot_img

90% Dikorbankan, Efektifkah PPKM?

SEMARANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jateng menilai, sejumlah Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah terjadi...

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda