PeristiwaPerhatikan 5 Hal Ini Agar Tubuh Tetap Bugar saat...

Perhatikan 5 Hal Ini Agar Tubuh Tetap Bugar saat Berpuasa

-

- Advertisment -spot_img

BERPUASA membuat pola kebiasaan sehari-hari ikut berubah, terutama pola makan dan minum. Selama dua belas jam tubuh kita tidak menerima asupan makanan dan minuman. Tidak dipungkiri hal tersebut akan berdampak terhadap daya tahan tubuh.

Menurunnya daya tahan tubuh saat berpuasa disebabkan karena asupan gizi tidak seimbang, kurangnya cairan dalam tubuh, dan istirahat tidak cukup. Hal ini jelas dapat  menggangu aktivitas saat berpuasa.

Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa hal ini perlu diperhatikan agar tubuh tetap bugar saat berpuasa.

1. Perbanyak Konsumsi Serat dan Protein Saat Sahur

Sahur menjadi hal penting untuk menentukan kekuatan seseorang untuk menahan lapar dan haus seharian. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat saat sahur dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan serat dapat memperlambat proses konversi karbohidrat menjadi gula.

Makanan yang mengandung serat dapat kita peroleh dari berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, seperti wortel, bayam, pisang, apel dan masih banyak lagi.

Selain serat, mengonsumsi protein juga dapat membuat tubuhmu menjadi lebih berenergi. Makanan yang kaya akan protein bisa diperoleh pada telur, susu, ikan dan daging ayam.

2. Perbanyak Asupan Cairan

Berpuasa seharian membuat tubuh kita kekurangan cairan atau dehidrasi. Itulah mengapa kita sering merasa lemas dan haus. Seperti anjuran para dokter, manusia membutuhkan cairan sebanyak dua liter setiap harinya. Maka dari itu, agar tubuh tetap segar saat berpuasa, hendaknya kita memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Misalnya dimulai dua gelas diminum saat sahur, yakni satu gelas sebelum makan dan satu gelas sesudah makan. Kemudian minum empat gelas air saat berbuka puasa, yakni dua gelas saat berbuka dan dua gelas setelah Tarawih. Terakhir, dua gelas sebelum tidur.

3. Kurangi Asupan Teh, Kopi, dan Minuman Bersoda

Saat berpuasa pastinya kita tidak ingin merasa cepat lapar. Jika kamu penggemar berat kopi hendaknya kurangi konsumsi minuman ini pada saat berpuasa. Karena minuman yang mengandung kafein dapat menimbulkan rasa lapar dan haus lebih awal. Tidak hanya kopi, teh dan minuman bersoda juga mengandung kafein yang dapat menimbulkan dampak yang sama.

4. Olahraga Ringan

Berpuasa bukan menjadi alasan kita untuk tidak melakukan aktivitas penting yang satu ini. Dengan alasan berolahraga dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan dan mengganggu ibadah puasa.

Nggak perlu yang berat-berat, kamu bisa mencoba olahraga ringan seperti berjalan, bersepeda, jogging dan yoga. Kamu bisa melakukannya selama 15-30 menit dalam sehari agar dapat menjaga sistem imunisasi sehingga kamu tidak jatuh sakit saat berpuasa.

5. Istirahat Cukup

Meskipun saat bulan puasa sebagian besar kegiatan dilakukan di malam hari, tidak membuat kamu harus begadang apalagi tidak tidur sama sekali. Tubuh kita tetap memerlukan tidur bekualitas maksimal 8 jam dalam sehari. Begitu juga saat berpuasa, kamu bisa memanfaatkan waktu tidur di siang hari secara cukup dan mempercepat waktu tidur di malam hari, agar tubuhmu tetap berstamina saat berpuasa. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN UP2D Garap Pemeliharaan Kubikel GI Mranggen

SEMARANG- PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY, pada Minggu (21/11/2021) telah melaksanakan kegiatan pemeliharaan rutin...

BCA Hadirkan Bakti Sosial Operasi Katarak Bersama Perdami

PURWOKERTO, 27 November 2021 – Katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan bagi indera penglihatan yang dapat diderita siapa saja....

DPD MKGR Jawa Tengah Dukung Airlangga Hartarto Jadi Presiden

SEMARANG - Pelantikan Pengurus DPD Ormas MKGR Jawa Tengah digelar di Ballroom Hotel Santika Kota Semarang, Sabtu (27/11/2021). Sebelumnya, Musda...

SGM Eksplor Apresiasi Guru Bersama Alfamart

JAKARTA - Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda