Ini Persiapan Pertamina Hadapi Ramadan dan Lebaran

GM PT Pertamina MOR IV Yanuar Budi Hartanto (tengah) memberikan keterangan pers kepada wartawan di Semarang, Rabu (16/5).

SEMARANG – PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng dan DIY mempersiapkan cadangan BBM sebanyak 30 % dari konsumsi harian, selama bulan Suci Ramadan dan persiapan menghadapi Lebaran.

GM PT Pertamina MOR IV Yanuar Budi Hartanto mengatakan, mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM dan elpiji selama bulan Ramadan dan Lebaran 2018, pihaknya memperkuat Stok BBM dan Elpiji di wilayah Jawa Tengah.

Untuk BBM jenis Gasoline (Premium, Pertalite dan  Pertamax Series) Pertamina menyiagakan tambahan stock 30% dari rata-rata normal harian 9.974,87 KL atau naik menjadi 12.654,39KL. Dan untuk konsumsi ELPIJI di wilayah tersebut kami menyiagakan tambahan stock 10% menjadi 28.736.410 tabung di banding rata-rata harian normal 26.162.813 tabung.

“Menjelang Bulan Ramadan dan Lebaran 2018, kami telah mempersiapkan beberapa program untuk memperkuat ketahanan distribusi BBM dan elpiji, diantaranya adalah memperkuat stock BBM dan  elpiji, mengamankan supply di terminal BBM dan depot elpiji Pertamina. Selian itu memperkuat layanan BBM dan elpiji di lembaga penyalur serta memberikan layanan di tempat yang rawan dengan kepadatan,” ujarnya.

Kusnendar menambahkan, Pertamina juga mensiagakan tambahan jenis BBM Avtur sebanyak 18% dari rata-rata konsumsi normal yaitu dari 485 KL menjadi 574 KL,untuk mengantisipasi padatnya penerbangan di bandara Jawa Tengah dan DIY selama periode puasa dan lebaran 2018.

“Namun untuk produk jenis Gasoil  di wilayah Provinsi Jawa Tengah diprediksi turun 15% dari rata-rata harian sebesar 4.860,72 KL menjadi 4.109,39 KL. Karena adanya pembatasan operasional angkutan barang dan penurunan kegiatan angkutan industry,” jelasnya.

Disamping memastikan kesediaan suplai BBM dan elpiji aman, Pertamina menyiapkan beberapa fasilitas alternatif tempat pengisian BBM agar masyarakat dapat dengan mudah memperoleh akses mengisi BBM untuk kendaraannya selama mudik yaitu dengan menempatkan beberapa unit motorist kemasan, menyebar titik kiosk pertamax yang dilengkapi dengan mobile dispenser dan BBM Kemasan. (ZP/01).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here