Ekonomi BisnisPGN Mulai Pasok Gas untuk Industri Aspal Hotmix di...

PGN Mulai Pasok Gas untuk Industri Aspal Hotmix di Pasuruan

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Perusahaan Gas Negara (PGN) telah berhasil mengalirkan gas buminya untuk kebutuhan industri Aspal PT Liman Jaya, melanjutkan pemakaian CNG sebelumnya.

Sebelumnya sejak Mei 2018 Liman Jaya memakai CNG dari PGN Gagas, dengan volume rata-rata 55.000 m3 per bulan. Dan kini dengan telah selesainya konstruksi pipa distribusi, maka industri aspal ini memakai gas bumi sejak dilaksanakan pengaliran gas (gasin) pada hari ini, Senin (15/4/19). Gasin dilaksanakan di plant milik PT Liman Jaya Transmix di Purwosari, Pasuruan.

Dalam proses berlangganan gas bumi, pada awalnya PT Liman Jaya  yang beralamat di JL. Raya Pasuruan, Purwosari Pasuruan belum lolos verfikasi secara nilai keekonomian investasi PGN.

Meski demikian Liman Jaya tetap bertekad agar mendapatkan alokasi gas bumi. Dengan modal kapital yang cukup dimiliki oleh Liman Jaya, maka disepakati alternatif solusinya adalah berlangganan gas dengan skema Sharing investasi, yakni Liman Jaya mengeluarkan nilai investasi sebesar Rp. 1 Miliar untuk infrastruktur gas.

Pembangunan infrastruktur ini dimulai sejak Agustus 2018 lalu dilanjutkan dengan pengaliran gas CNG milik PGN Gagas, hingga pada hari ini gas bumi PGN telah dinyatakan mengalir.

Produksi aspal grup Liman Jaya berawal dari berdirinya PT Tripalindo Transmix di wringinanom Gresik pada tahun 2002, lalu pada 2016 berdirilah PT Liman jaya di Purwosari, Pasuruan. Di Purwosari inilah terdapat jaringan pipa PGN. Liman Jaya yang memiliki peralatan yang didesain untuk solar dan gas pun mengajukan permohonan berlangganan gas bumi.

Menurut Pemilik PT Liman Jaya, Henry Limantono, Pakai gas CNG dan Gas bumi bagus, bersih tidak ada residu seperti di solar. Sedangkan memakai batubara juga tidak disarankan karena kotor.

“Energi gas adalah solusi terbaik, dengan harga lebih ekonomis dan memiliki kemudahan dalam operasional tanpa harus menyediakan tempat penyimpanan (storage),” ujarnya.

Sales Area Head PGN Pasuruan Agus Mustofa Hadi mengungkapkan, Liman Jaya Transmix merupakan pelanggan ke dua yang gas-in hingga April 2019, setelah PT. Merakindo Rajamix Perkasa.

“Diharapkan dengan adanya pengaliran gas ke PT. Liman Jaya Transmix ini akan terus berlanjut ke gasin-gasin berikutnya dan akan dapat memenuhi target PGN Area Pasuruan untuk menyerap gas tahun 2019 sebanyak 30,92 BBTUD,” katanya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Jangkau Publik Lebih Besar Mengenal Solusi HVAC, LG Perkenalkan Showroom Virtual

JAKARTA— Memanfaatkan terapan teknologi digital, LG Electronics (LG) memperkenalkan sebuah ruang pamer online yang dibuat khusus bagi produk solusi...

PLN UP3 Purwokerto Sinergi Terangi Negeri

PURWOKERTO - PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Purwokerto, melaksanakan Multi Stakeholder Forum (MSF) Tahun 2021 Kamis...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Profil dan Biodata Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata Lengkap, Pendidikan hingga Berbagai Pengalamannya

SEMARANG - Profil dan biodata Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata lengkap dari pendidikan hingga berbagai pengalamannya. Anda...

Dukung PTM dan Masa Libur Akhir Tahun, Link Net Salurkan 5.000 Healthy Kit

JAKARTA – Dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk menekan potensi penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM)...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda