Pilih Kuota Tepat, Pengeluaran Jadi Hemat

Ilustrasi

Semarang – Di era modern seperti saat ini, kebutuhan akan akses internet merupakan kebutuhan pokok setiap individu. Pemanfaatnya pun beragam ada yang untuk hiburan, belajar sampai untuk menunjang pekerjaan.

Karena sudah tidak bisa terpisahkan bagi kehidupan dan juga penunjang pekerjaan. Oleh karena itu Konsumen juga harus semakin cerdas, dalam penggunaan internet, supaya tidak sampai membuat kantong jebol akibat penggunaan yang tidak terkontrol.

Pemilihan kartu internet yang tepat tidak hanya akan menunjang kelancaran komunikasi namun juga bisa menunjang pekerjaan khususnya yang dilakukan melalui online. Jika jaringan internet provider Yang digunakan kurang bagus maka dapat dipastikan akan menggangu dan menghambat pekerjaan.

Di Indonesia saat ini ada cukup banyak provider telekomunikasi. Masing-masing menawarkan paket internet dengan harga bersaing dengan berbagai kelebihannya. Tapi kalau kita semata-mata tergiur dengan promosi, bisa-bisa pada akhirnya jengkel dengan kondisi yang tidak sesuai dengan harapan.

Untuk memilik paket internet pada dasarnya gampang-gampang susah. Gampang karena saat ini semua provider menawarkan paket internet bersaing. Susah karena kita harus jeli dalam memilih paket yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Oleh karena itu, saat akan menentukan paket internet  ada baiknya kita mengetahui secara detil apa yang akan diperoleh.

Seperti contoh misalnya, Telkomsel melalui paket Simpati Combonya, dengan harga Rp60 ribu, menawarkan paket internet 6GB, dengan rincian, 1 GB untuk kuota utama, 2GB bonus chating, 2 GB untuk streaming video dan 1 GB untuk jam malam.

Kemudian, Indosat melalui Unlimited 3GB, dengan harga Rp50 ribu memberikan 3GB kuota utama, unlimited streaming, dan unlimited sosmed (WA, FB, BBM dan lainnya).

Sedangkan XL Axiata, dengan XL Combo baru memiliki skema paket yang lebih sederhana. Dengan harga Rp59 ribu, operator bernuansa biru ini membagi total 10 GB menjadi 5 GB sebagai kuota utama dan 5 GB untuk keperluan internet di malam hari.

Di sisi lain, Smartfren sebagai satu-satunya provider yang hanya beroperasi di jaringan 4G, menawarkan paket unlimited Smartfren yang memberikan kuota unlimited full speed 1GB/hari atau total full speed 30GB/bulan.

Perbandingan harga kuota internati dari berbegai provider

Dari contoh diatas masing-masing provider memiliki kelebihan dan kekurangan. Smartfren misalnya meskipun memberikan kuota unlimited full speed 1GB/hari atau total full speed 30GB/bulan, namun tidak memberikan unlimited streaming. Dengan kata lain, setiap kali streaming akan memakan kuota utama. Berbeda dengan Indosat yang meski memberikan kuota utama tidak terlalu besar tapi memiliki unlimited Youtube.

Konsultan Keuangan Lintang Hersulistya mengatakan,  saat ini masih banyak orang yang terjebak dalam penggunaan teknologi. Teknologi kurang dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Padahal sambung dia, setiap penggunaan smartphone membutuhkan pulsa dan untuk beli pulsa membutuhkan uang.

”Misalnya beli Smartphone mahal, dengan berbagai fitur canggih, tapi hanya digunakan untuk telepon, SMS, BBM, dan lainnya. Sehingga percuma beli handphone mahal, pulsanya banyak tidak dimanfaatkan,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, dibutuhkan perencanaan dalam penggunaan pulsa atau data, supaya tidak terbuang percuma. Terlebih apabila pengguna meninginkan pulsa dengan daya jelajah yang luas dan apapun bisa di akses.

Menurut dia, pengguna harus padai memilih provider dengan akses internet terbaik di lingkungannya. Karena biasanya masing-masing punya kelemahan signal di tempat tertentu.

Mohamad Sidiq pemerihati gadget dan telekomunikasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menilai, masyarakat sering terjabak dengan promosi yang ditawarkan oleh provider tanpa membaca detil apa yang didapatkan setelah membeli paket kuota.

“Sering kali kita menemui orang yang mengeluh, baru beli paket internet tapi seminggu sudah tidak bisa browsing, hanya bisa chatting dan lainnya, karena ternyata yang dibeli adalah paket yang kuota utama terbatas, sementara yang besar adalah untuk chating dan paket tengah malam,” ujarnya.

Oleh karena itu lanjut dia, ada baiknya dalam memilih paket internet haruslah teliti dan disesuaikan dengan kebutuhan agar pengeluaran tidak membengkak setiap bulannya. Jangan sampai karena salah pilih paket internet menjadikan kantong kempes. “Kalau hanya untuk WA (Whatshapp) saja yang yang kuotanya kecil tidak masalah, tapi kalau untuk menunjang pekerjaan harus yang besar,” ucapnya.

Tak lupa Sidiq menyarankan, saat memilih provider dipastikan yang memiliki jaringan luas, terlebih untuk orang-orang yang suka bepergian. Karena semakin luas jaringan maka sinyal akan semakin kuat.

“Selain itu, pilihlah kartu dan paket internet yang memiliki jaringan yang stabil. Dan apabila hp anda sudah suport jaringan 4G karena saat ini jaringan 4G masih yang terbaik,” imbuhnya. (ZP/04)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here