Ekonomi BisnisPLN Luncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Pertama di Jateng

PLN Luncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Pertama di Jateng

-

- Advertisment -spot_img

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jateng dan DIY, Feby Joko Priharto (tengah) bersama Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko (kanan) dan Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat meresmikan SPKLU di kantor PLN UP3 Semarang, Kamis (16/1/20).

SEMARANG – PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Provinsi Jawa Tengah.

SPKLU tersebut berada di kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang di Jl Pemuda No. 93, Kota Semarang. Adapun SPKLU ini bisa digunakan untuk semua kendaraan listrik baik mobil, motor, sepeda, maupun golf car.

Peresmian SPKLU tersebut sebagai bagian dari implementasi kelengkapan infrastruktur bagi kendaraan bermotor listrik berbasis baterei, sesuai dengan Peraturan Presiden no.55 tahun 2019.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jateng dan DIY, Feby Joko Priharto mengatakan, peresmian SPKLU di Kota Semarang merupakan kota kelima setelah Jakarta, Bandung, Banten, Bali, dan Surabaya.

“Ini merupakan upaya kami PLN untuk terus mengajak masyarakat dalam memanfaatkan listrik untuk kegiatan sehari-hari, sehingga meningkatkan produktivitas masyarakat, serta pemberdayaan masyarakat supaya berkehidupan lebih baik, sejahtera,” ujar Feby, Kamis (16/1/20).

Dia menjelaskan, PLN mengusung tema electrifying lifestyle di mana semua kegiatan sehari-hari akan menggunakan listrik, mulai dari memasak hingga berkendara, semua menggunakan listrik yang lebih efisien dibandingkan energi fosil lainya.

“PLN siap untuk hal ini, baik untuk ketersediaan energi maupun infrastruktur. Tidak hanya di situ kami juga menjamin keandalan dan kemudahan layanan,” ujarnya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jateng dan DIY, Feby Joko Priharto bersama Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, dan Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko saat meresmikan SPKLU di kantor PLN UP3 Semarang, Kamis (16/1/20).

Disebutnya, ke depan PLN berencana untuk membangun SPKLU di lima kota besar di Jawa Tengah, yakni di Tegal, Pekalongan, Kudus, Yogyakarta, dan Surakarta.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan, Pemrpov Jateng mendukung penuh program PLN tersebut.

Diharapkan, dengan semakin banyaknya dukungan dari berbagai unsur terkait, ekosistem kendaraan listrik akan semakin tumbuh, sehingga mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil yang tidak dapat diperbarui.

“Pemprov Jateng tentu sangat mendukung penuh SPKLU ini, diharapkan masyarakat akan semakin familiar dengan motor maupun mobil listrik,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengemukakan, adanya SPKLU tersebut akan menjadi pemacu bagi Pemkot untuk mengampanyekan penggunaan kendaraan listrik di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

“Akhirnya di Kota Semarang memiliki SPKLU, Kota Semarang siap mempopulerkan keberadaan kendaraan listrik, baik itu motor, mobil, maupun golf car,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Komunitas Tionghoa Semarang Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak PPKM Darurat

SEMARANG - Perserikatan Organisasi Indonesia Tionghoa (PORINTI) Kota Semarang membagikan sembako kepada warga terdampak PPKM Darurat. Pembagian tersebut dilakukan bersama...

90% Dikorbankan, Efektifkah PPKM?

SEMARANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jateng menilai, sejumlah Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah terjadi...

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Subholding Gas Bersinergi Serahkan Bantuan 50 Tabung Oksigen ke RS UGM

YOGYAKARTA – Subholding Gas Grup sebagai bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) bersinergi dalam menyerahkan bantuan oksigen sebanyak...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Qurban Dermawan Menyapa Masyarakat Urban Semarang

SEMARANG - Dibalik megahnya Ibu Kota Jawa Tengah ternyata masih ada wilayah terpinggirkan yang masyarakatnya tidak berkesempatan menikmati lezatnya...

Pertamina MOR IV Bagikan 8.026 Paket Daging Qurban untuk Warga Sekitar

SEMARANG – Merayakan Idul Adha 1442 H, Pertamina melaksanakan potong hewan qurban dengan total sebanyak 85 ekor yang terdiri...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda