Ekonomi BisnisPresiden Jokowi Resmikan Bank Wakaf Mikro di Kendal

Presiden Jokowi Resmikan Bank Wakaf Mikro di Kendal

-

- Advertisment -spot_img

Presiden Jokowi saat melakukan peluncuran Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren APIK dan Al Fadlu 2 Kaliwungu Kendal, Senin (30/12/19).

KENDAL – Presiden Joko Widodo kembali meresmikan Bank Wakaf Mikro di lingkungan Pondok Pesantren.

Kali ini giliran Ponpes APIK dan Al Fadlu 2 di Kaliwungu Kendal, Jawa Tengah berkesempatan mendapatkan fasilitas tersebut.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan, pendirian Bank Wakaf Mikro tersebut merupakan upaya pemerintah dalam membantu permodalan pelaku usaha kecil, terutama di lingkungan pesantren.

“Pemerintah ingin agar dari pondok pesantren dan lingkungan pondok pesantren apabila ada keinginan untuk membesarkan usaha di situ, ada bank-nya, yaitu Bank Wakaf Mikro,” ujar Jokowi di Ponpes APIK, Kaliwungu Kendal, Senin (30/12/19).

Jokowi berharap, adanya Bank Wakaf Mikro tersebut dapat membantu pelaku usaha kecil, agar tidak terjebak hutang ke rentenir yang bisa merugikan.

“Jangan sampai pinjamnya ke rentenir, hati-hati, hati-hati. Stop, sekarang sudah ada bank Wakaf Mikro,” imbuhnya.

Dijelaskan, saat ini telah ada 56 Bank Wakaf Mikro yang tersebar di seluruh pesantren di Indonesia dan akan terus dilakukan penambahan pada tahun depan.

Adapun dari 56 Bank Wakaf Mikro tersebut telah menjangkau 25 ribu pengusaha kecil, dan berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 34 miliar.

“Bantuan yang disalurkan sudah Rp 34 miliar, itu kalau di jutakan setara Rp 34 ribu juta. Gede banget, uang yang beredar di pondok-pondok pesantren, plus di luar Pondok Pesantren,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan RI Wimboh Santoso mengatakan, Bank Wakaf Mikro tersebut tidak hanya memberikan permodalan semata, namun juga dilakukan pembinaan sehingga usaha kecil dapat berkembang.

Ia pun menargetkan pada 2020, akan menambah 50 lagi Bank Wakaf Mikro, agar semakin menjangkau masyarakat luas, dan memberikan manfaat.

“Kita mempunyai daftar lebih dari 1000 pesantren di seluruh Indonesia, sekarang sudah 56, nanti kalau tambah 50 lagi bisa 100,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda