Presiden Jokowi Resmikan Bank Wakaf Mikro di Kendal

Presiden Jokowi saat melakukan peluncuran Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren APIK dan Al Fadlu 2 Kaliwungu Kendal, Senin (30/12/19).

KENDAL – Presiden Joko Widodo kembali meresmikan Bank Wakaf Mikro di lingkungan Pondok Pesantren.

Kali ini giliran Ponpes APIK dan Al Fadlu 2 di Kaliwungu Kendal, Jawa Tengah berkesempatan mendapatkan fasilitas tersebut.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan, pendirian Bank Wakaf Mikro tersebut merupakan upaya pemerintah dalam membantu permodalan pelaku usaha kecil, terutama di lingkungan pesantren.

“Pemerintah ingin agar dari pondok pesantren dan lingkungan pondok pesantren apabila ada keinginan untuk membesarkan usaha di situ, ada bank-nya, yaitu Bank Wakaf Mikro,” ujar Jokowi di Ponpes APIK, Kaliwungu Kendal, Senin (30/12/19).

Jokowi berharap, adanya Bank Wakaf Mikro tersebut dapat membantu pelaku usaha kecil, agar tidak terjebak hutang ke rentenir yang bisa merugikan.

“Jangan sampai pinjamnya ke rentenir, hati-hati, hati-hati. Stop, sekarang sudah ada bank Wakaf Mikro,” imbuhnya.

Dijelaskan, saat ini telah ada 56 Bank Wakaf Mikro yang tersebar di seluruh pesantren di Indonesia dan akan terus dilakukan penambahan pada tahun depan.

Adapun dari 56 Bank Wakaf Mikro tersebut telah menjangkau 25 ribu pengusaha kecil, dan berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 34 miliar.

“Bantuan yang disalurkan sudah Rp 34 miliar, itu kalau di jutakan setara Rp 34 ribu juta. Gede banget, uang yang beredar di pondok-pondok pesantren, plus di luar Pondok Pesantren,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan RI Wimboh Santoso mengatakan, Bank Wakaf Mikro tersebut tidak hanya memberikan permodalan semata, namun juga dilakukan pembinaan sehingga usaha kecil dapat berkembang.

Ia pun menargetkan pada 2020, akan menambah 50 lagi Bank Wakaf Mikro, agar semakin menjangkau masyarakat luas, dan memberikan manfaat.

“Kita mempunyai daftar lebih dari 1000 pesantren di seluruh Indonesia, sekarang sudah 56, nanti kalau tambah 50 lagi bisa 100,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here