Pria Ini Ubah Botol Bekas Jadi Hiasan Bernilai Ekonomi Tinggi

SEMARANG – Botol bekas yang biasanya dibuang begitu saja oleh sebagian orang karena dianggap sampah, hal itu justru berbeda dengan Abdul Maksum.

Lewat tangan kreatifnya, botol-botol bekas tidak bernilai ekonomi yang dibuang begitu saja itu diubah menjadi hiasan bernilai ekonomi tinggi.

Dengan jiwa seninya, Abdul mengubah botol-botol bekas menjadi hiasan dekoratif yang bisa menjadi pajangan yang unik.

Abdul mengatakan, kreasi botol tersebut memiliki potensi yang panjang di dunia handycraft di Semarang, sehingga cocok dikembangkan.

“Barang bakunya juga masih banyak ditemukan. Kalau saya untuk botol-botol yang bentuknya unik ini saya beli dari teman saya yang bekerja di cafe-cafe. Karena botol di kafe itu kan banyak yang unik-unik,” kata Abdul, Senin (16/9/19).

Ketekunan Abdul sendiri baru ia mulai setahun belakangan. Sebelumnya ia membuat hiasan dari bahan-bahan kayu.

“Sebelumnya saya membuat hiasan dari media kayu. Mulai dari transfer foto, lukis kayu, wall dekoratif. Dan sekarang di Semarang sudah banyak. Jadi saya berfikir untuk berkreasi di media yang lain,” ujarnya.

Dikatakan, dalam membuat botol dekoratif tidaklah sulit, karena bisa ditemukan dengan mudah, yakni mulai tanah liat yang sudah dicampur lem khusus, sebuah botol, pewarna, dan ide.

“Sebetulnya nggak sulit sih. Untuk sehari bisa produksi 3 sampai 4 botol. Jadi kalau sebulan full produksi kira kira bisa sampai 100an botol dekoratif,” ucapnya.

Sementara itu, saat ini kreasi botol buatannya ia jual mulai Rp 75 ribu hingga Rp 300 ribuan.

“Kalau untuk pesanan khusus harganya mungkin berbeda. Tergantung kerumitannya,” pungkasnya.

Anda yang penasaran dengan botol dekoratif karya Abdul bisa melihatnya di akun instagramnya di @chokorjeh_custumart. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here