Ekonomi BisnisPrisma Dukung Peningkatan Pendapatan Petani Miskin di Jateng

Prisma Dukung Peningkatan Pendapatan Petani Miskin di Jateng

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG –  Prisma bersama dengan pihak swasta dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah bekerja sama untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan petani di 22 kabupaten di Jateng.

Sebanyak 17 komoditas pertanian unggulan seperti kacang tanah, jagung, padi dan sapi pedaging akan menjadi fokus kerja Australia-Indonesia Partnership for Promoting Rural Incomes through Support for Markets in Agriculture (Prisma) di Jawa Tengah.

Head of Communications and Government Relations Unit Prisma, Muhammad Karim Wirasaputra mengatakan, kerja sama antara Prisma dengan Pemprov Jateng akan dilakukan selama empat tahun atau 2019 – 2023 dengan tujuan untuk menyelaraskan visi dan strategi di sektor pertanian serta memperkuat sinergi antar pihak.

“Komitmen dari semua pemangku kepentingan menjadi kunci bagi upaya bersama dalam meningkatkan performa sektor pertanian. Prisma bangga berkolaborasi dengan pelaku usaha industri pertanian guna mendukung agenda prioritas Pemprov Jateng untuk mempercepat dan memperluas manfaat bagi lebih banyak petani,” ujarnya, Kamis (19/12/19).

Dia menjelaskan, Prisma bekerjasama dengan berbagai pelaku pasar pertanian, termasuk sektor swasta dan pemerintah daerah untuk bersama mencari solusi yang memberikan insentif berkelanjutan bagi setiap pihak yang terlibat dalam rantai pasar pertanian.

Sebagai contoh, di sektor kacang tanah, Prisma bermitra dengan PT GarudaFood Putra Putri Jaya Tbk untuk meningkatkan suplai kacang tanah lokal (ose dan biji tiga basah) melalui skema kemitraan dengan petani.

Kemitraan ini membantu petani dalam meningkatkan produktivitas yang selama lima tahun belakangan ini relatif stagnan (1,3-1,5 ton/ha), juga membuka akses ke pembeli berskala besar (off-taker). Selain itu, Prisma juga mempromosikan layanan pengupasan kacang serta alat panen dan paska-panen.

“Upaya ini ditujukan supaya petani dapat meningkatkan efisiensi pada saat panen dan mendapatkan harga jual yang lebih baik dengan proses pengeringan/pengupasan kacang tanah,” katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo, memberikan respon yang positif kepada rencana kerja Prisma di Jawa Tengah tersebut.

“Kami menyambut baik inisiatif PRISMA untuk memperkuat pasar bagi berbagai komoditas sektor pertanian. Kami berharap kehadiran Prisma dapat mendukung target pembangunan pertanian di Jawa Tengah hingga tahun 2023, terutama guna meningkatkan kesejahteraan petani kecil,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda