Profesor Fathur Kantongi Suara Tertinggi di Rapat Penyaringan Calon Rektor Unnes

SEMARANG- Profesor Fathur Rokhman mengantongi perolehan suara tertinggi dalam Rapat Pleno Senat Tertutup Penyaringan Visi-Misi Calon Rektor Unnes Periode 2018-2022, Selasa (3/7).

Pada tahapan penyaringan yang berlangsung di Rektorat Unnes Semarang, Selasa, Fathur yang merupakan kandidat petahana mengantongi perolehan 61 suara dari total anggota senat sebanyak 65 orang.

Fathur, Guru Besar Fakultas Ilmu Bahasa dan Seni (FBS) Unnes merupakan satu-satunya profesor yang maju penjaringan calon rektor dari lima bakal calon, sebab empat bakal calon lainnya masih doktor.

Doktor Achmad Rifai dan Dr Martitah masing-masing meraih sebanyak dua suara, sementara dua bakal calon rektor Unnes lainnya, yakni Dr Eko Handoyo dan Dr Wirawan Sumbogo tidak mendapatkan suara.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unnes, Hendi Pratama mengatakan, tiga nama calon rektor Unnes yang diperoleh dari hasil penyaringan tersebut selanjutnya akan disampaikan kepada Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi.

“Untuk penetapan termasuk pelantikan Rektor Unnes terpilih periode 2018-2022, nanti menunggu hasil penilaian dari Menristekdikti RI,” kata Hendi Pratama.

Sementara itu, Ketua Senat Unnes Prof Soesanto menjelaskan, penjaringan bakal calon rektor telah dilakukan berkali-kali hingga memunculkan lima nama yang mengikuti penyaringan visi-misi tersebut.

“Pada penjaringan pertama, kebetulan Prof Fathur hanya sendirian. Yang lain tidak ada yang mau mencalonkan. Padahal, Rektor juga sudah menawarkan kepada dekan atau siapa saja yang berkompeten untuk ikut,” ucapnya.

Kemudian, lanjutnya dilakukan tahap kedua karena sesuai aturan minimal harus ada empat bakal calon sehingga diperoleh empat nama, tetapi dua nama dibatalkan karena tidak memenuhi syarat.

“Jadi, hanya dua nama. ‘Incumbent’ dan satu orang. Kami kembali membuka penjaringan baru yang memunculkan lima nama. Sudah kami teliti semuanya dan secara cermat ternyata kelimanya memenuhi syarat,” ujar Soesanto. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here