Ekonomi BisnisProyek Jalan Tol Semarang - Demak Seksi II Mulai...

Proyek Jalan Tol Semarang – Demak Seksi II Mulai Dikerjakan

-

- Advertisment -spot_img

Istimewa.

SEMARANG – Jalan tol Semarang – Demak telah memasuki masa pengerjaan konstruksi. Untuk tahap awal, pembangunan dilakukan di seksi II, yakni ruas Sayung- Demak sepanjang 16,31 km dan ditargetkan selesai pengerjaan fisiknya pada akhir 2021.

Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak, Handoko Yudianto mengatakan, pengerjaan jalan tol dengan total panjang 27 km tersebut terbagi dalam dua seksi. Yakni seksi 1 berada di ruas Semarang – Sayung sepanjang 10,69 km dan seksi II sepanjang 16,31 km yang membentang dari Sayung sampai Demak kota. Untuk seksi II lahan yang dibebaskan telah mencapai 60 persen.

“Saat ini yang kita kerjakan seksi II dulu dan telah berjalan. Kemarin awal bulan ini kita sudah syukuran bareng masyarakat setempat untuk memulai pengerjaan,” kata Handoko, Selasa (14/1/20).

PT PP Semarang Demak merupakan badan usaha yang memegang konsesi perusahaan jalan tol Semarang Demak, yang terdiri dari tiga konsorsium yakni PT PP Perumahan Semarang Demak, Wika dan M3 badan usaha swasta. Handoko mengatakan masa pengerjaan berlangsung selama 17 bulan dengan total investasi sebesar Rp 5,4 triliun.

“Akhir 2021 pengerjaan fisik seksi II selesai. Ketika beroperasi nanti tarifnya Rp 1.124/km. Hitung-hitungan kami kendaraan yang bakal melintasi ruas Sayung Demak sebanyak 16,276 per hari,” katanya.

Sementara untuk seksi I, yang bakal memiliki desain tanggul laut prosesnya masih terkendala pembebasan lahan. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan untuk seksi harus ada percepatan. Pihaknya juga telah berkomunikasi dengan Kementerian ATR/BPN terkait status tanah dan pembebasan lahan.

“Harus ada win-win solution untuk pembebasan lahan itu. Masyarakat mengatakan tanah (di lahan calon jalan tol) itu miliknya, bisa menunjukkan sertifikat, tapi wujud tanahnya sudah tidak ada karena terendam rob,” kata Ganjar.

Untuk pembangunan seksi I yang investasinya mencapai Rp 9 triliun itu bakal terdapat jalan melayang di atas laut sepanjang 8 km setinggi 5 m. Ganjar berharap, selain bangunan tersebut yang berfungsi sebagai tanggul laut, juga bakal digarap infrastruktur penunjang.

“Ekoturisme, kawasan industri kreatif, perumahan dan kolam retensi yang semuanya memiliki konsep green. Haram hukumnya mengambil air tanah, energi memakai yang terbarukan. Kalau bisa ini akan jadi kawasan yang luar biasa,” katanya.

Karena seksi II pengerjaanmya telah dimulai, Ganjar berharap juga ada percepatan untuk pembangunan seksi I. Selain itu Ganjar juga mewanti-wanti agar pengerjaan memperhatikan kualitas bangunan, mengingat sebagai salah satu pengendalian bencana.

“Nanti saya akan koordinasi dengan Pak Basuki (Menteri PUPR) agar ini (seksi I) dipercepat,” pungkasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

90% Dikorbankan, Efektifkah PPKM?

SEMARANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jateng menilai, sejumlah Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah terjadi...

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Subholding Gas Bersinergi Serahkan Bantuan 50 Tabung Oksigen ke RS UGM

YOGYAKARTA – Subholding Gas Grup sebagai bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) bersinergi dalam menyerahkan bantuan oksigen sebanyak...

Qurban Dermawan Menyapa Masyarakat Urban Semarang

SEMARANG - Dibalik megahnya Ibu Kota Jawa Tengah ternyata masih ada wilayah terpinggirkan yang masyarakatnya tidak berkesempatan menikmati lezatnya...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina MOR IV Bagikan 8.026 Paket Daging Qurban untuk Warga Sekitar

SEMARANG – Merayakan Idul Adha 1442 H, Pertamina melaksanakan potong hewan qurban dengan total sebanyak 85 ekor yang terdiri...

Stimulus Kelistrikan, Upaya Pemerintah Membantu Masyarakat di Tengah Pandemi

JAKARTA - Selama Pandemi Covid-19, Pemerintah Indonesia cukup banyak mengeluarkan program bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Mulai dari...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda