PeristiwaPT KAI Siapkan 11.000 Personil Antisipasi Titik Rawan

PT KAI Siapkan 11.000 Personil Antisipasi Titik Rawan

-

- Advertisment -spot_img

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro dan Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat memberikan keterangan pers.

SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan total 11.000 personel gabungan untuk mengantisipasi sejumlah titik rawan perjalanan kereta saat masa angkutan Idul Fitri 2019.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, selain mengantisipasi bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan ambles, KAI akan mewaspadai pintu perlintasan kereta dan mengerahkan para petugas untuk memastikan perjalanan kereta.

“Lebaran kali ini kita akan mengamati titik rawan. Sekarang musimnya tidak jelas, kadang-kadang kering, tiba-tiba hujan deras. Rawannya ada tiga, rawan longsor, banjir ambles, dan yang paling akhir paling bahaya di perlintasan sebidang,” katanya di Semarang, Rabu (27/3/19).

Dikatakan, dari 11.000 pasukan, utamanya akan diprioritaskan mengawasi titik di jalur perlintasan sebidang. Disebutnya ada 300 titik rawan yang akan diamati, termasuk perlintasan sebidang yang akan diprioritaskan.

“11.000 petugas nanti dibagi mengawasi jalur, utamanya di jalur perlintasan sebidang, karena saat lebaran perlintasan sebidang akan padat dan keretanya pun tidak bisa disetop,” ucapnya.

Dijelaskan, sementara titik rawan longsor yang diamati berikutnya ada di jalur selatan mengingat banyak tebing-tebing yang mudah longsor.

“Titik rawan banyak ada 300 titik rawan, jalur utara, selatan. Dan lebih banyak rawannya ada di jalur selatan mudah longsor, rawan gerak,” jelasnya.

Adapun pada H-10 Lebaran, KAI akan menempatkan petugasnya untuk menjaga pintu perlintasan tersebut. Selain itu, sejumlah alat berat juga akan diturunkan untuk antisipasi kendala perjalanan kereta.

KAI mulai melakukan penjualan tiket keberangkatan untuk masa angkutan Idul Fitri 2019 pada Senin (25/2/19), dini hari pukul 00.00 WIB untuk keberangkatan mulai 26 Mei 2019.

Selama Lebaran 2019, KAI mengoperasikan 356 KA Reguler dan 50 KA Tambahan dengan total mencapai 406 KA. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak 3 persen dari jumlah tahun sebelumnya yaitu 393 KA.

Setiap hari, KAI menyediakan 247.010 tempat duduk untuk KA Jarak Jauh dan KA Lokal yang pada 2019 mengalami kenaikan sebanyak 5 persen dari tahun sebelumnya yaitu 236.210 tempat duduk. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Penerimaan Pajak Jateng I Capai Rp 24 Triliun hingga November 2021

SEMARANG - Kinerja penerimaan Pajak Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah I hingga tanggal 30 November 2021 tercatat adanya pertumbuhan...

Erick Thohir Tunjuk Darmawan Prasodjo Jadi Direktur Utama PLN

JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN tahun 2021 memutuskan mengangkat dan menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama...

Komisaris Utama Pertamina Patra Niaga Tinjau Kesiapan Sarfas Pertamina

SEMARANG - Guna memastikan seluruh kegiatan operasi dan layanan kepada masyarakat berjalan dengan lancar di tengah kondisi pandemi, Komisaris...

PLN Berikan Gerobak Motor Listrik Kepada UKM, Tingkatkan Produktivitas

SEMARANG – PLN memberikan bantuan gerobak motor listrik kepada para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jawa Tengah...
- Advertisement -spot_imgspot_img

SWI Minta Masyarakat Waspadai Penawaran Aset Kripto

JAKARTA - Satgas Waspada Investasi (SWI) meminta masyarakat untuk mewaspadai penawaran investasi aset kripto yang saat ini marak agar...

PGN Siap Kembangkan Pasar Gas Bumi Jawa Tengah

JAKARTA - Dalam rangka mewujudkan penyediaan gas bumi untuk Jawa Tengah, PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina menandatangani...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda