PT MBG Bangun Pabrik Fiber Optik Terbesar se-Asia Tenggara di Kendal

0
Presiden Direktur PT (MBG) Frank Wu (tengah) bersama Bupati Kendal, Mirna Annisa serta stakeholder terkait dalam Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Fiber Optik PT MGB, di KIK, Kamis (21/3/2019).

KENDAL-  PT Maju Bersama Gemilang (MBG) menginvestasikan dananya hingga Rp 1 triliun untuk membangun sebuah pabrik fiber optik yang berada di Kawasan Industri Kendal (KIK), Jawa Tengah.

Lokasi pabrik yang menempati lahan seluas 6 hektare diperkirakan akan selesai pada tahun 2019 untuk tahap pertama dan dalam jangka waktu tiga tahun tahap ke dua akan selesai.

Presiden Direktur PT (MBG) Frank Wu mengatakan, pembangunan pabrik fiber optik tersebut sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk terus meningkatkan komponen lokal dalam negeri.

Disebutnya, pabrik fiber optik di Kendal tersebut nantinya akan menghadirkan teknologi terbaru untuk memenuhi kebutuhan pasar baik lokal maupun pasar ekspor.

“Peletakan batu pertama pembangunan fiber optik ini menjadi wujud komitmen kami dalam mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia,” katanya, di sela Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Fiber Optik PT MGB, di KIK, Kamis (21/3/2019).

Dikatakan, pemilihan Kabupaten Kendal tersebut karena memiliki lingkungan yang kondusif dengan sumber daya manusianya yang handal serta dekat dengan pelabuhan sehingga pengiriman barang ke customer akan lebih efektif.

Adapun pembangunan pabrik tersebut, lanjutnya menggunakan struktur permodalan lokal dan menggandeng pihak asing yang telah berpengalaman. Hal itu, diharapkan dapat mempercepat transfer teknologi dan pengetahuan.

“Investasi senilai Rp 1 triliun ini termasuk dalam bentuk tanah, bangunan, mesin dan teknologi,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur PT MBG, Akmal Fauzi menambahkan, pabrik tersebut nantinya akan menyerap tenaga kerja hingga 600 orang dengan kapasitas produksi kabel Fiber Optic Core mencapai 10.5M fKm/tahun, Fiber Optic Cables Land mencapai 6.0M fKm/tahun, Fiber Optic Cable Submarine mencapai 10,000 Km, dan Optical Distribution Network dapat mencapai 4.0 Juta USD/tahun.

“Berdasarkan kapasitas produksi yang dihasilkan itu, PT MBG akan menjadi Pabrik Fiber Optic Cable system terbesar di Asia Tenggara, dan diharapkan memberikan penghematan devisa yang cukup banyak bagi negara, serta mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi, khususnya kabel bawah laut,” ucapnya.

Ditambahkan, pencapaian perusahaan dalam memproduksi Fiber Optic Cable System juga diharapkan memberikan kontribusi yang positif dalam program pembangunan infrastruktur oleh pemerintah, sekaligus membuka lapangan kerja baru di daerah Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Kendal.

“Seiring dengan visi dan misinya, kami pun tetap membutuhkan dukungan dari pemerintah, baik pusat maupun daerah, serta  berbagai instansi, asosiasi dan badan-badan terkait lainnya,  agar komitmen perusahaan untuk mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia, dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Bupati Kendal, Mirna Annisa mengemukakan, Pemerintah Kabupaten Kendal menyambut baik adanya investasi yang sangat besar oleh PT MBG tersebut. Ia berharap, nantinya para pekerja yang ada bisa diambil dari masyarakat Kendal sendiri.

“Alhamdulillah ada investasi yang besar lagi di Kabupaten Kendal untuk menunjang pertumbuhan perekonomian di Jateng, khususnya Kendal. Mudah-mudahan bisa terealisasi. Kami Pemkab Kendal berharap yang mengisi 70% bisa dari masyarakat Kendal,” tandasnya.

Peletakan batu pertama pabrik ini dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah diwakili Kepala Biro Perekonomian Indra Surya, Bupati Kendal Mirna Annisa, perwakilan Kementerian Perindustrian Doddy Rahadi, didampingi pimpinan perusahaan terkait. (ZP/05)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan