UmumRaperda APBD Jateng 2019 Disetujui

Raperda APBD Jateng 2019 Disetujui

-

- Advertisment -spot_img

Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Rukma Setyabudi dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maemoen dalam rapat paripurna DPRD di ruang sidang DPRD Jateng, Kamis (29/11). (Istimewa)

SEMARANG- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah menyetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jateng Tahun Anggaran 2019. Dalam anggaran tersebut, pendapatan daerah ditetapkan Rp 25, 965 triliun.

“Pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud nyata terbangunnya sinergitas dan harmonisasi antara anggota dewan dengan jajaran eksekutif, untuk mendukung kemajuan pembangunan di Jawa Tengah,” ujar Plt Gubernur Jawa Tengah, Tan Yasin Maemoen saat membacakan tanggapan terhadap persetujuan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Provinsi Jateng Tahun Anggaran 2019, pada rapat paripurna DPRD di ruang sidang DPRD Jateng, Kamis (29/11).

Ditambahkan, APBD 2019 merupakan langkah awal periode kepemimpinan Gubernur Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen dalam merumuskan target-target yang telah disampaikan. Target itu telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang akan dirumuskan dalam program kegiatan setiap tahun.

Dalam Raperda APBD Jateng TA 2019 secara ringkas tercatat pendapatan daerah ditetapkan sebesar Rp 25, 965 triliun dan belanja daerah Rp 26,632 triliun. Sedangkan pembiayaan daerah meliputi penerimaaan pembiayaan Rp 686,74 miliar, pengeluaran pembiayaan Rp 20 miliar, pembiayaan netto Rp 666,75 miliar, serta sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berkenaan (Silpa) nihil.

Gus Yasin, panggilan akrabnya, menjelaskan, setelah dilakukan persetujuan terhadap Raperda Jawa Tengah APBD TA 2019, selanjutnya akan dikirim pada Kementerian Dalam Negeri untuk dilakukan evaluasi. Dengan disetujuinya raperda tersebut, diharapkan akan mendorong percepatan terlaksananya berbagai prioritas kegiatan pembangunan di Jawa Tengah.

“Saya minta dari jajaran legislatif dapat mendukung politik anggaran yang dititikberatkan pada sektor sektor prioritas pembangunan untuk mewujudkan visi menuju Jawa Tengah sejahtera dan berdikari, Mboten Korupsi Mboten Ngapusi,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt gubernur mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota dewan yang dalam menyikapi dan mencermati APBD TA 2019 melalui pembahasan di tingkat rapat kerja komisi maupun badan anggaran sehingga Perda provinsi Jawa Tengah tentang APBD 2019 dapat disetujui bersama.

Sidang paripurna ke II DPRD Jateng masa persidangan III tahun 2018 dengan agenda persetujuan program pembentukan peraturan daerah Provinsi Jateng 2018, persetujuan Raperda tentang APBD TA 2019, serta persetujuan Raperda tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi Jateng tersebut ditutup dengan penandatangan Raperda tentang APBD TA 2019 oleh Plt Gubernur Jateng H Taj Yasin Maimoen dan Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi beserta para Wakil Ketua DPRD Jateng. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

BOYOLALI -  PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren...

Apindo Semarang Jamin Perusahaan Bayar THR Secara Penuh

SEMARANG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Semarang memastikan perusahaan di kawasan ini akan membayar Tunjangan Hari Raya (THR)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Dipimpin Evolusi OLED, Lini TV LG Tahun 2021 Siap Meluncur

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia (LG) mengeluarkan pernyataan kesiapan perusahaan dalam memperkenalkan lini TV terbarunya di tahun ini....

SIG Bukukan Laba Rp450,36 Miliar

*Kuartal I Tahun 2021 JAKARTA– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Kuartal I tahun 2021 mencatatkan laba yang dapat diatribusikan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda