Ratusan Buruh Jateng Demo di Depan Kantor Disnakertrans Tuntut Kenaikan Upah

Ratusan buruh di Jawa Tengah (Jateng) yang tergabung dalam aliansi Gerakan Buruh Berjuang (Gerbang) menggelar aksi demo di depan kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jateng Kamis (11/10).

SEMARANG- Ratusan buruh di Jawa Tengah (Jateng) yang tergabung dalam aliansi Gerakan Buruh Berjuang (Gerbang) menggelar aksi demo di depan kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jateng Kamis (11/10).

Ratusan buruh yang terbagi ke dalam 14 federasi ini berasal dari Cilacap, Demak, Jepara, Kendal dan lainnya.

Koordinator aksi, Deni Andrianto mengatakan, para buruh menginginkan agar pemerintah Jateng mempunyai terobosan untuk menaikkan upah yang lebih layak.

“Jatang saat ini menjadi provinsi dengan upah terendah dibandingkan dengan provinsi lain. Jawa Timur upah buruh sekitar Rp 3,6 juta, Jawa Barat hampir Rp 4 juta, sedangkan Jateng hanya Rp 2,3 juta,” jelasnya.

Dia mengemukakan, pebedaan ini diibaratkan sebuah mangkok, karena jarak upah yang terlalu jauh dibandingkan dengan provinsi lain. Akibat upah yang rendah, lanjutnnya, kian menyebabkan rendahnya daya beli masyarakat. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here