PeristiwaRatusan Climber Adu Katangguhan di ACC ke-4 Udinus, Rebutkan...

Ratusan Climber Adu Katangguhan di ACC ke-4 Udinus, Rebutkan Piala Menpora

-

- Advertisment -spot_img

Para peserta tengah beradu cepat di arena panjat dinding dalam lomba Aldakawanesta Climbing Competition (ACC) ke-4 di Udinus Semarang.

SEMARANG – Ratusan climber dari berbagai daerah baik Jawa hingga luar Jawa saling adu ketangguhan di Aldakawanaseta Climbing Competition (ACC) ke-4, yang digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Aldakawanaseta Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

Lomba yang diadakan 2 tahun sekali sejak tahun 2013 lalu mendapat dukungan dari Dikti dan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berupa label lomba Kemenpora Cup. Lomba tingkat nasional dan non atlet ini dilaksanakan pada 29 Maret – 2 April 2019.

Ketua Pelaksana Lomba Aldakawanaseta Climbing Competition (ACC) ke-4, Aisyah Ning Arumsari, menatakan dalam lomba yang digelar selama lima hari memiliki lima kategori yakni Lead Umum Putra Putri, Lead Mahasiswa Pencinta Alam Putra Putri, Lead Pelajar Putra Putri, Speed Umum Putra Putri dan Speed Pelajar Putra Putri  tingkat  Nasional.

“Untuk peserta, kami memiliki target awal sebanyak 270 peserta umum, pelajar hingga mahasiswa non atlet. Namun hingga lomba berlangsung membludak mencapai 318 peserta. Mereka merupakan peserta dari berbagai daerah di Indonesia,” terang Aisyah Ning Arumsari, Sabtu (30/3/19).

ACC 2019 dibuka dengan berbagai persiapan yang matang dan megah untuk lomba tersebut, Udinus telah membangun wall baru yang memiliki tinggi 16 meter dan lebar 4 meter. Dalam lomba ini, peserta akan dinilai oleh 10 juri dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) serta terdapat tim teknis yang akan ikut serta menjaga selama perlombaan berlangsung. Setelah mendapatkan beberapa peserta dari luar Jawa seperti Sulawesi Utara di perlombaan sebelumnya, panitia ACC 4 berharap akan ada peserta dari Kalimantan, Sumatra, dan Sulawesi.

“Kami juga merayakan dan meresmikan wall baru yang berada di pelataran Gedung D Udinus.Harapan kami tentunya dengan lomba ini Aldakawanaseta Udinus dapat dikenal luas, hanya teman sesama mapala di Perguruan Tinggi tetapi juga mapala di Indonesia,” tutur Aisyah.

Sementara itu, Wakil Rektor II bidang keuangan Udinus sekaligus pembina Ukm Aldakawanseta yakni St. Dwiarso Utomo, S.E., Akt., M.Kom menjelaskan bahwa pada lomba yang memperebutkan piala Kemenpora tersebut juga dijadikan sebagai ajang peresmian Wall baru milik Unit Kegiatan Mahasiswa Aldakawanaseta.

Event dua tahunan, ACC 2019 dibuka dengan berbagai persiapan yang matang dan megah untuk lomba tersebut, dimana Udinus telah membangun wall baru yang memiliki tinggi 16 meter, dan lebar 4 meter. Ia pun berharap agar para peserta dapat berlomab dnegan sungguh-sungguh dan sportif.

“Melalui kegiatan ini akan hadir para altet-atlet baru yang berpengalaman dan tentunya mereka dapat mengasah skill peserta lomba. Saya berharap para peserta dapat berlomba secara sportif dalam lomba ini,” imbuhnya.

Lomba ACC ke 4 diselenggarakan di halapan gedung D Udinus Turut hadir juga Kepala bidang Penyelenggaraan Pemuda Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), Dwi Agus Susilo . Tak hanya lomba saja terdapat juga stand makanan dan minuman yang menjual beraneka ragam makanan serta minuman ringan.

Kahumas Udinus, Agus Triyono,S.Sos, Msi menegaskan bahwa nantinya Para juara juga akan mendapatkan hadiah dengan total 35 juta, dimana  nantinya pemenang akan mendapat piala serta beasiswa untuk peserta yang berstatus pelajar.

“Dukungan Kemenpora terhadap ajang ACC ini merupakan bukti kepercayaan pemerintah pada Udinus, khususnya bidang kepemudaan dan olahraga,” tutupnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda