Rektor Udinus: Startegi Usaha Tidak Harus Mahal, Namun Cerdas

Webinar Bincang tokoh mengambil tema ‘Strategi menjadi Wirausaha di Masa Pandemi’, diisi oleh dua narasumber yakni Rektor Udinus, Edi Noersasongko dan Owner PT President Furniture sekaligus alumni Udinus, Ponco Suhirno.

SEMARANG – Terus cetak lulusan berwirausaha, Universitas Dian Nuswantoro Semarang memberikan web seminar bincang tokoh yang membahas startegi dalam berwirausaha di era new normal. Webinar tersebut diprakarsai oleh Udinus Career Center (UCC) dan diisi oleh narasumber yang ahli dibidangnya.

Webinar Bincang tokoh mengambil tema ‘Strategi menjadi Wirausaha di Masa Pandemi’, diisi oleh dua narasumber yakni Rektor Udinus, Edi Noersasongko dan Owner PT President Furniture sekaligus alumni Udinus, Ponco Suhirno. Kegiatan bincang tokoh dibuka langsung oleh Kepala UPT Layanan Karir dan Alumni Udinus, Andik Setyono.

Berbagai strategi dalam memulai usaha dan memasarkan produk dibahas secara mendalam di webinar kali ini. Selain itu, dijabarkan juga pengalaman dalam memulai usaha dan measarkan berbagai produk.

Kepala UPT Layanan Karir dan Alumni Udinus, Andik Setyono menjelaskan bahwa tujuan kegiatan bincang tokoh, sebagai sarana untuk menginspirasi mahasiswa dan memberikan tips trik beserta ilmu dalam membangun sebuah usaha. Menurutnya UCC terus fasilitasi alumni dengan memberikan job fair rutin mengikuti periode wisuda. Sementara itu,  sekitar 10 persennya para alumni Udinus telah berwirausaha.

“Perguruan tinggi memiliki peran penting untuk meningkatkan jumlah wirausahawan di Indonesia. Jika jumlah wirausahawan kurang, maka akan berdampak dengan banyaknya pencari kerja namun sedikit lapangan perkerjaan yang tersedia,” jelas dia.

Sementara itu, dalam paparannya, Rektor Udinus, Edi Noersasongko menjelaskan banyak strategi-strategi yang dapat dilakukan demi meningkatkan usaha dan menarik minat konsumen.

Strategi pertama, dalam berwirausaha yakni harus melihat lokasi tempat berkompetisi bisnis, kedua melihat nilai unik apa yang akan dijual. Kemudian, melihat kemampuan sumber daya yang dimiliki di perusahaan. Terakhir, upaya mempertahankan nilai unik yang dimiliki perusahaan tersebut. Ia juga berpesan agar strategi harus dipikirkan sebelum memulai usaha, jangan dipikirkan setelah usaha jadi atau sudah berjalan.

“Strategi itu tidak harus mahal, tidak harus susah namun bangunlah strategi yang cerdas. Bisnis itu seperti perang, yang menang akan mendapatkan segalanya dan yang kalah akan mati,” tegasnya.

Webinar bicang tokoh diselenggarakan secara daring, disiarkan langsung melalui live Zoom dan live Channel Youtube TVKU. Kegiatan tersebut diikuti ratusan peserta dari mahasiswa dan alumni serta masyarakat luas.

Owner PT President Furniture sekaligus alumni Udinus, Ponco Suhirno, membagi pengalamannya dalam berwirausaha dan menghadapi di era new normal ini. Menurutnya, perusahaannya tak terkena imbas dari pandemi Covid-19 dan justru mengalami peningkatan permintaan. Ungkap dia, pada awal pademi khususnya di Indonesia, ia juga sempat merasa was-was karena banyaknya pengiriman luar negeri yang ditutup.

“Awal-awal pandemi sempat terkena imbasnya, selama tiga minggu tidak dapat mengirim barang keluar negeri. Namun setelah dibukanya kembali pengiriman barang ke luar ngeri, permintaan meningkat sekitar 50 persen dibandingkan tahun lalu. Saya perkirakan permintaan naik karena banyak masykarat dunia yang dirumah saja,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here