Runway Bandara Dewandaru Akan Diperpanjang 1.600 Meter

Pesawat mendarat di Bandara Dewandaru, Karimunjawa/istimewa.

SEMARANG – Landasan pacu atau runway di Bandara Dewandaru Karimunjawa akan diperpanjang menjadi 1.600 meter. Adapun pengerjaan ditargetkan akan selesai pada 2021 mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, runway Bandara Dewandaru saat ini hanya 1.200 meter dan akan diperpanjang menjadi 1.600 meter. Selain panjang runway, terminal penumpang juga akan dilakukan perluasan agar bisa menampung lebih banyak wilayah.

“Saat ini (Dewandaru) panjangnya hanya 1.200 meter, dalam waktu dekat akan diperpanjang menjadi 1.600 meter. Terminal pun akan diperluas dengan ukuran 2.000 meter persegi,” katanya di Semarang, Sabtu (11/1/20).

Dia mengatakan, Karimunjawa memiliki potensi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Menurutnya, sudah banyak wisatawan asing yang berkunjung ke destinasi andalan Jawa Tengah tersebut.

“Karimunjawa sangat menarik, sejak ada pesawat wisatawan asing yang datang mengalami peningkatan, jadwal penerbangan kesana tiga kali dalam seminggu yakni Jumat, Sabtu dan Senin. Okupansinya pun relatif penuh,” ucapnya.

Ia menambahkan, selain pesawat banyak juga turis asing yang menggunakan angkutan kapal cepat, sedikitnya ada 400 penumpang sehari.

“Karimunjawa ini akan jadi pelengkap Borbodur, Bandara Kulonprogo kan sudah siap. Maskapai yang miliki pesawat jenis ATR bisa membuka rute Kulonprogo-Karimunjawa,” pungkasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here