PeristiwaSupaya Ibadah Ramadhan Makin Berkah, Coba Hindari 5 Kebiasaan...

Supaya Ibadah Ramadhan Makin Berkah, Coba Hindari 5 Kebiasaan Ini

-

- Advertisment -spot_img

BULAN Ramadhan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu umat Islam. Pasalnya, di bulan ini terdapat keisimewaan tersendiri yang tidak dimiliki bulan lain, yakni segala amal ibadah kita akan dilipatgandakan oleh Allah.

Umat Islam memanfaatkan bulan suci ini dengan melakukan amal ibadah dan menebar kebaikan kepada sesama manusia. Misalnya melaksanakan salat tarawih berjamaah dan berbagi makanan untuk buka puasa.

Namun di tengah perjalanan, terkadang ada tindakan yang merugikan dalam proses ibadah di bulan Ramadan ini. Berikut kebiasaan yang sebaiknya dihindari agar menjadikan Ramadhan menjadi lebih berkah.

1. Membeli makanan berbuka berlebihan

Menjelang berbuka puasa, kita akan menjumpai banyak orang yang menjual makanan dan minuman di pinggir jalan. Menu-menu yang disajikan pun bermacam-macam. Mulai dari makanan ringan sampai makanan berat, dan juga berbagai jenis minuman segar yang menggoda selera.

Sudah pasti kita akan tergoda dan ingin mencicipi aneka jenis makanan dan minuman tersebut. Sampai-sampai kita dibuat bingung untuk memilihnya. Hingga pada akhirnya kita membeli banyak makanan untuk berbuka nanti.

Nah, kebiasaan ini menjadi salah satu hal yang perlu kita hindari. Jangan sampai memborong beragam menu buka puasa hingga memenuhi meja makan. Lebih baik beli menu buka puasa secukupnya saja, tidak perlu berlebihan, nanti mubazir lho.

2. Makan terlalu banyak saat berbuka 

Suara azan Magrib saat bulan Ramadan sangatlah ditunggu-tunggu orang yang menjalankan ibadah puasa. Pasalnya menahan lapar hampir satu hari bukanlah hal mudah. Dan ketika azan Magrib berkumandang, kita akan buru-buru menyantap makanan yang sudah tersedia.

Namun kita perlu hati-hati, nih. Terkadang kita kelewatan makan-makanan berat dan berlebihan. Setelah makan berat, biasanya sakit perut dan mager (malas gerak). Akibatnya kita meninggalkan ibadah malam seperti salat tarawih, salat witir, dan tadarus di masjid.

3. Ngabuburit yang kurang bermanfaat 

Ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa menjadi hal asyik yang sering dilakukan sebagian orang. Setiap orang mempunyai cara berbeda. Ada yang menggunakan waktu ngabuburitnya dengan jalan-jalan di keramaian seperti mall, ada yang kumpul bersama teman membicarakan suatu hal, dan ada juga yang hanya duduk-duduk di rumah menonton televisi.

Sebenarnya ngabuburit adalah waktu yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Karena menjelang berbuka puasa, terdapat waktu mustajab untuk melangitkan doa-doa. Tentu akan rugi jika kita menggunakan waktu ini dengan kegiatan yang kurang bermanfaat.

Daripada ngabuburit tidak jelas, mendingankita memanfaatkan dengan kegiatan yang bernilai ibadah, seperti zikir, memperbanyak doa, dan membaca Alquran. Itung-itung nabung pahala, deh, ya. Itu akan membuat waktumu lebih bermanfaat.

4. Tidur setelah sahur 

Bangun dinihari sangatlah berat. Apalagi saat bulan Ramadan. Kita harus menyiapkan makan sahur dan keperluan lainnya agar kuat dalam menjalani ibadah puasa. Saat sahur, kita merasa mengantuk dan bahkan mata kita masih terpejam. Pernah ngalamin, kan?

Menahan kantuk memang susah. Setelah sahur, kita biasanya bahkan langsung tidur hingga melebihi waktu Subuh.

Ini yang perlu kita waspadai nih guys. Untuk mengobati rasa kantuk, kita bisa nih ambil wudlu, setelah itu baca Alquran sambil menunggu azan Subuh. Jangan sampai karena ngantuk berat, kita ngorbanin salat Subuh ya.

5. Absen tarawih demi reuni bukber 

Memasuki bulan Ramadhan, tiba-tiba kita mendapat banyak undangan buka bersama (bukber). Entah itu dari teman sekolah, teman organisasi, partner kerja, maupun keluarga besar. Setelah bukber, biasanya kita akan ngobrol asyik dan berfoto-foto ria sehingga meninggalkan salat tarawih di masjid.

Momen ini memang sering terjadi, bener kan? Jangan sampai ya jam bukber ini bisa membuat ibadah kita berantakan. Berkumpul dengan teman saat buka puasa memang bagus. Itu menandakan jiwa sosial kita tinggi.

Tetapi ingat ya guys, kita bisa menyiasati dan mengontrolnya. Begitu azan Isya berkumandang, alangkah baiknya jika kita bergegas ke masjid, melaksanakan salat tarawih dan witir berjamaah. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Siap Serap Listrik 5 MW dari PLTSa Terbesar di Jawa Tengah

SURAKARTA - PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)...

‘CB150R Charity’ Kumpulkan Rp8 Juta Untuk Anak Disabilitas

SOLO – Astra Motor Jateng bersama dengan Trooper Custom resmi mengakhiri program “CB150R Charity Ride” dengan melakukan live Instagram...

Dukung Energi Hijau, PLN Siap Serap Listrik dari PLTSa Terbesar di Jateng

SURAKARTA- PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Surakarta...

Hotel Santika Pekalongan Rutin Gelar Simulasi Pemadam Kebakaran

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan Sebagai salah satu hotel berbintang yang ada di Kota Pekalongan menggelar Simulasi Fire Drill...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Indosat Ooredoo Hutchison Siap Jadi Perusahaan Telekomunikasi Paling Dipilih di Indonesia

SEMARANG – Indosat Ooredoo Hutchison telah mengumumkan penyelesaian penggabungan usaha pada 4 Januari 2022 lalu, setelah menerima semua persetujuan...

Membanggakan, Desa Wisata Bakti BCA Torehkan Prestasi Gemilang

JAKARTA– PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) melalui program Corporate Social Responsibility senantiasa berkomitmen memberikan kontribusi bagi negeri ini....

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda