TBBM Semarang Group Aplikasikan New Gantry System (NGS) 

PT Pertamina mulai mengoprasikan fasilitas New Gantry System (NGS), di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Semarang Group yang ada di Jalan Pengapon Kota Semarang, Selasa (7/8).

SEMARANG – PT Pertamina mulai mengoprasikan fasilitas New Gantry System (NGS), di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Semarang Group yang ada di Jalan Pengapon Kota Semarang, Selasa (7/8).

Fasilitas baru tersebut merupakan sistem otomatisasi pengisian BBM ke mobil tangki. Dengan adanya fasilitas baru tersebut, diklaim mampu mempersingkat waktu pengisian BBM ke armada tangki hingga 25 menit.

Direktur logostik, supply chain dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sri Widodo mengatakan, sistem pelayan  modern ini diterapkan dalam rangka meningkatkan akurasi, kecepatan, fleksibilitas dan keamanan dalam pengisian BBM ke mobil tangki.

“Dalam rangka menuju world class company, pelayanan menuju otomatisiasi. Pelayanan harus dirubah menjadi sistem yang modern. Perbedanya adalah, dari sisi keakurasian, kecepatan waktu pengisian, jika sebelumnya satu tangki bisa mencapai 30 menit dengan sitem modern ini hanya butuh waktu lima menit, karena kecepatan lebih tinggi, tidak perlu antri panjang,” tuturnya.

Ia menambahkan, dengan sistem baru ini selain lebih cepat juga lebih aman, karena tidak ada ceceran minyak di fasilitas pengisian. Kemudian fleksibel, yang artinya bahwa bisa menyesuaikan jenis BBM yang diinginkan.

Ditambahkannya, tahun ini ditambah lima lagi TBBM yang akan menerapkan sistem baru tersebut, yakni di Mangis Bali , Teluk kabung, Makasar, Banyuwangi, dan Tegal.

“Sistem ini bisa menghemat biaya operasi hingga 20%,” imbuhnya.

GM Pertamina MOR IV Jateng dan DIY Yanuar Budi Hartanto menambahkan, untuk di wilayah Jateng dan DIY, saat ini yang sudah menggunakan sistem NGS tidak hanya di TBBM Pengapon, namun juga di Boyolali dan Jogja.”Tahun ini tambahan di Tegal,” tambahnya.

Di sebutkan Yanuar, saat ini di wilayah MOR IV memiliki 470 lebih mobil tangki yang setiap hari beroperasi mendistribusikan BBM ke seluruh wilayah Jateng dan DIY. (ZP/04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here