Telkom Peduli Alam Karimunjawa

*Lewat Penanaman Mangrove, Konservasi Terumbu Karang dan Pelepasan Tukik

0

ZONAPASAR.COM, KARIMUNJAWA- Sebagai komitmen untuk pelestarian lingkungan, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Social Responsibility Center (SRC) bersama Telkom Regional IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan penanaman mangrove dan terumbu karang serta pelepasan tukik di Pulau Karimunjawa, beberapa waktu lalu.

Penanaman 5.000 tanaman mangrove di kawasan pantai Karimunjawa berkolaborasi dengan Karang Taruna, MUSPIKA (Musyawarah Pimpinan Kecamatan), pelajar, dan pemuda sekitar. Penanaman mangrove menjadi salah satu bentuk realisasi Telkom untuk mendukung tercapainya SDGs (Sustainable Development Goals) United Nation (PBB) nomor 14 terkait ekosistem lautan. Hutan mangrove dapat mencegah erosi, melindungi bangunan dan vegetasi alami lewat proses filtrasi, serta menjadi habitat bagi beberapa spesies makhluk hidup.

Selain itu, dilakukan juga penanaman terumbu karang di kawasan perairan Karimunjawa sebanyak 100 substrat dengan 1.600 bibit terumbu karang. Kondisi terumbu karang di sekitar dilaporkan banyak yang mengalami kerusakan, baik karena faktor lingkungan maupun manusia. Penanaman bibit terumbu karang ini menjadi penting untuk menjaga kawasan yang menjadi salah satu destinasi wisata bawah laut di Taman Nasional Karimunjawa.

Konservasi terumbu karang juga merupakan keberlanjutan dari konservasi yang pernah dilakukan Telkom pada 20 Juni 2023 lalu melalui program Employee Volunteer Program (EVP). Kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan ratusan tukik di Pulau Cemara Besar untuk turut menjaga populasi penyu yang ada di Karimunjawa.

Executive Vice President (EVP) Telkom Regional IV, Fera Pebrayenti menyampaikan, penanaman mangrove dan bibit terumbu karang merupakan bentuk komitmen dan kerja nyata Telkom dalam menjalankan program EXIST (Environment Social Governance Existence for Sustainability by Telkom Indonesia). Environment Social Governance menjadi sumber value creation dan menjadi komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat serta berkontribusi terhadap penciptaan nilai tambah bagi perusahaan.

Kegiatan seperti ini diharapkan dapat dilakukan sebagai program berkelanjutan dan semakin memberi manfaat bagi masyarakat luas dan lingkungan sekitar.

”Semoga apa yang Telkom upayakan ini memberikan dampak positif kepada Karimunjawa, agar semakin lestari alamnya, semakin maju pariwisatanya dan semakin meningkat perekonomian masyarakatnya,” tutup Fera.(zav)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan