TOP CSR Awards 2023, SBI Raih 10 Penghargaan

0
– PENGHARGAAN- Direktur Utama SBI, Lilik Unggul Raharjo, Direktur Manufacturing, Soni Asrul Sani, dan Direktur Human Capital Legal & Corporate Affairs, Ony Suprihartono menerima penghargaan TOP CSR Awards di Hotel Raffless, Jakarta, Rabu, 7 Juni 2023. Foto : ist/zonapasar.com

ZONAPASAR.COM, JAKARTA – Komitmen PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (“SBI”) terhadap operasional yang bertanggung jawab dan penerapan prinsip keberlanjutan kembali mendapat pengakuan. Majalah Top Business memberikan penghargaan kepada SBI atas capaiannya dalam peningkatan kualitas program-program Corporate Social Responsibility (“CSR”) dan juga komitmen pimpinan dalam pelaksanaan CSR. SBI menerima sepuluh penghargaan dalam gelaran penghargaan yang dilaksanakan di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta.

Perusahaan menerima penghargaan kategori Top Leader on CSR Commitment untuk:
1. PT Solusi Bangun Indonesia Tbk yang diterima oleh Direktur Utama SBI, Lilik Unggul Raharjo,
2. Pabrik Cilacap yang diterima oleh Direktur Human Capital, Legal & Corporate Affairs SBI, Ony Suprihartono,
3. Pabrik Lhoknga (dioperasikan oleh anak usaha PT Solusi Bangun Andalas) yang diterima oleh Direktur Manufacturing SBI, Soni Asrul Sani,
4. Pabrik Narogong yang diterima oleh General Manager Pabrik Narogong, Erwin Halomoan Purba,
5. Pabrik Tuban yang diterima oleh General Affairs & Community Relations Manager Pabrik Tuban, Mochammad Yunani Rizzal.

Selain itu, SBI juga menerima dua penghargaan bintang tertinggi untuk capaian fungsi CSR yaitu # Star 5 untuk pelaksanaan CSR di tingkat korporasi dan Pabrik Cilacap.

Sedangkan Pabrik Narogong, Pabrik Tuban dan Pabrik Lhoknga memperoleh penghargaan # Star 4 untuk pelaksanaan CSR di masing-masing area.

Direktur Utama SBI, Lilik Unggul Raharjo mengatakan, pihaknya berkomitmen mengedepankan prinsip-prinsip keberlanjutan yang mempertimbangkan kelestarian lingkungan serta pemberdayaan masyarakat, untuk memberikan nilai dampak positif dalam setiap proses bisnis yang dijalankan.

Lilik menambahkan, hal ini menjadi competitive advantage SBI sebagai perusahaan yang bergerak di bidang produksi bahan bangunan, terutama dalam upaya menuju green industry dan menghadirkan solusi-solusi berkelanjutan untuk berbagai kebutuhan pembangunan.

Komitmen Pada Pemberdayaan Masyarakat dan Kelestarian Lingkungan

Tak hanya di bidang lingkungan, komitmen SBI dalam pembangunan berkelanjutan juga terwujud melalui berbagai program CSR untuk pemberdayaan masyarakat. Komitmen ini tertuang dalam Sustainability Road Map 2025 dan merupakan realisasi visi keberlanjutan SBI yaitu #MasaDepanYangKitaMau.

Beberapa program CSR unggulan SBI diantaranya adalah pengelolaan sampah yang melibatkan masyarakat untuk mewujudkan zero waste community yang dilakukan di Cilacap, Pemberdayaan Perempuan dan Kepala Keluarga (PEKKA) yang diadakan di Tuban, program Jenius Lokal yaitu program bimbingan belajar dan kegiatan motivasi untuk siswa kelas 3 SMA di Narogong, kegiatan pemberdayaan industri rumah tangga dan UMKM yang dilakukan di Lhoknga, kegiatan tanggap bencana untuk masyarakat, serta kegiatan yang berkaitan dengan inovasi sosial untuk mendorong pemberdayaan masyarakat.

Salah satu inovasi sosial SBI di Cilacap yaitu program kolaborasi dengan Kelompok Pengelola Sampah Baruwani, menjadi program unggulan yang berhasil mengantarkan SBI menjadi satu-satunya perusahaan semen yang meraih PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Tahun 2022. Kolaborasi ini memfasilitasi pemanfaatan sampah yang bisa didaur ulang, serta memanfaatkan sampah yang tidak bisa didaur ulang menjadi bahan bakar alternatif bersama sampah kota lainnya lewat fasilitas RDF Cilacap, sebagai pengganti batu bara di pabrik semen SBI.

Hal itu pun kembali ditegaskan dalam sambutan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sigit Reliantoro.

“Eco-Inovasi dan Inovasi Sosial merupakan strategi untuk menghasilkan ide-ide baru yang inovatif serta mampu menyelesaikan masalah sosial yang dihadapi masyarakat dengan cara yang lebih efisien dan menjunjung tinggi kearifan lokal. Kami mengapresiasi para pemenang TOP CSR Awards yang telah menginspirasi untuk pembelajaran kita bersama,” tandasnya.(ule)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan