UmumPendidikanUdinus Kembangkan Animasi Stop Motion Diorama

Udinus Kembangkan Animasi Stop Motion Diorama

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Program Studi Animasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang terus mengembangkan animasi berjenis stop motion dengan media diorama pedesaan. Diorama tersebut menjadi sarana belajar para mahasiswa Udinus dalam membuat animasi yang berkualitas.

Animasi jenis tersebut memanfaatkan teknik potongan gambar yang disatukan dan menjadi gambar gerak. Stop motion sendiri telah digunakan di beberapa animasi yang tayang di stasiun televisi tanah air dua diantaranya yakni The Lego Movie dan Shaun The Sheep. Dioarama pedesaan yang dimiliki progdi animasi Udinus disimpan di Studio Animasi yang berada di gedung H lantai 4 Udinus.

Ketua Program Studi Animasi Udinus, Khafiizh Hastuti mengatakan teknik pembuatan animasi stop motion sama persis dengan pembuatan animasi kartun anak film Shaun The Sheep garapan animator terkenal Nick Park. Menurutnya perkembangan film jenis tersebut kini sedang naik daun dan digrandrungi oleh anak-anak hingga orang dewasa.

“Kami menggunakan diorama buatan tangan dengan latar belakang pedesaan untuk pembuatan animasi gerak stop motion. Melalui diorama ini mahasiswa bisa lebih semangat dalam belajar dan mendalami animasi,” ujarnya saat memberikan keterangan terkait diorama stop motion milik Program Studi Animasi Udinus, Kamis (7/3/19).

Pihaknya juga dalam pembuatan film menggabungkan dua teknik yakni tekni fotografi dan pencahayaan. Mahasiswa juga dibebaskan untuk mengekspresikan ekspresinya dalam pembuatan scenario animasi stop motion dengan karakter yang telah dibuat.

“Diorama yang kami ambil background pedesaan yang bisa digunakan untuk mengangkat budaya local. Karakter-karakter orang dan boneka juga telah kami siapkan. Dalam prosesnya nanti setiap adegan difoto dari gerak satu ke satunya kemudian dismabungkan menjadi satu animasi atau film,” jelasnya.

Program studi yang berdiri sejak 2016 dan merupakan pendidikan vokasi yang konsen dalam pembuatan animasi 2 dimensi, 3dimensi, stop motion hingga animasi CGE. Pendidikan yang diberikan kepada para mahasiswa lebih condong kepada praktikum yang bekerjasama dengan industry animasi tanah air. Ungkapnya, target kedepan program studi animasi mampu berjaya di kancah internasional dan melahirkan animator ternama.

“Setelah lulus, mahasiswa tak sekedar ahli dalam membuat film animasi semata, namun dapat mengelola project animasi. Staff pengajarnya pun di progdi animasi sudah tak diragukan lagi karena memiliki keahlian di bidang animasi. Harapan kami kelak animator terkenal lahir dari Udinus khususnya progdi animasi,” harapnya.

Kahumas Udinus, Agus Triyono,S.Sos, Msi berharap diorama pedesaan yang dimiliki progdi Animasi dapat menjadi daya tarik calon mahasiswa baru.

“Ini menjadi hal yang baik dan dapat menjadi daya tarik untuk calon mahasiswa baru ,” tutupnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda