UmumPendidikanUdinus Kembangkan Animasi Stop Motion Diorama

Udinus Kembangkan Animasi Stop Motion Diorama

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Program Studi Animasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang terus mengembangkan animasi berjenis stop motion dengan media diorama pedesaan. Diorama tersebut menjadi sarana belajar para mahasiswa Udinus dalam membuat animasi yang berkualitas.

Animasi jenis tersebut memanfaatkan teknik potongan gambar yang disatukan dan menjadi gambar gerak. Stop motion sendiri telah digunakan di beberapa animasi yang tayang di stasiun televisi tanah air dua diantaranya yakni The Lego Movie dan Shaun The Sheep. Dioarama pedesaan yang dimiliki progdi animasi Udinus disimpan di Studio Animasi yang berada di gedung H lantai 4 Udinus.

Ketua Program Studi Animasi Udinus, Khafiizh Hastuti mengatakan teknik pembuatan animasi stop motion sama persis dengan pembuatan animasi kartun anak film Shaun The Sheep garapan animator terkenal Nick Park. Menurutnya perkembangan film jenis tersebut kini sedang naik daun dan digrandrungi oleh anak-anak hingga orang dewasa.

“Kami menggunakan diorama buatan tangan dengan latar belakang pedesaan untuk pembuatan animasi gerak stop motion. Melalui diorama ini mahasiswa bisa lebih semangat dalam belajar dan mendalami animasi,” ujarnya saat memberikan keterangan terkait diorama stop motion milik Program Studi Animasi Udinus, Kamis (7/3/19).

Pihaknya juga dalam pembuatan film menggabungkan dua teknik yakni tekni fotografi dan pencahayaan. Mahasiswa juga dibebaskan untuk mengekspresikan ekspresinya dalam pembuatan scenario animasi stop motion dengan karakter yang telah dibuat.

“Diorama yang kami ambil background pedesaan yang bisa digunakan untuk mengangkat budaya local. Karakter-karakter orang dan boneka juga telah kami siapkan. Dalam prosesnya nanti setiap adegan difoto dari gerak satu ke satunya kemudian dismabungkan menjadi satu animasi atau film,” jelasnya.

Program studi yang berdiri sejak 2016 dan merupakan pendidikan vokasi yang konsen dalam pembuatan animasi 2 dimensi, 3dimensi, stop motion hingga animasi CGE. Pendidikan yang diberikan kepada para mahasiswa lebih condong kepada praktikum yang bekerjasama dengan industry animasi tanah air. Ungkapnya, target kedepan program studi animasi mampu berjaya di kancah internasional dan melahirkan animator ternama.

“Setelah lulus, mahasiswa tak sekedar ahli dalam membuat film animasi semata, namun dapat mengelola project animasi. Staff pengajarnya pun di progdi animasi sudah tak diragukan lagi karena memiliki keahlian di bidang animasi. Harapan kami kelak animator terkenal lahir dari Udinus khususnya progdi animasi,” harapnya.

Kahumas Udinus, Agus Triyono,S.Sos, Msi berharap diorama pedesaan yang dimiliki progdi Animasi dapat menjadi daya tarik calon mahasiswa baru.

“Ini menjadi hal yang baik dan dapat menjadi daya tarik untuk calon mahasiswa baru ,” tutupnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Derma 9 Rambah Pasar Skincare, Bisa Gabung Jadi Agen dan Reseller

SEMARANG - Klinik kecantikan Derma 9 serius menggarap pasar skincare untuk memberikan produk perawatan kecantikan yang terbaik. Derma 9 telah...

Springbed Kesehatan Makin Diminati Konsumen di Semarang

SEMARANG - Kasur springbed kesehatan untuk tulang belakang makin diminati oleh konsumen di Semarang, Jawa Tengah selama tahun 2021. Banyak...

Polri dan Pertamina Bongkar Praktik Penyalahgunaan BBM Subsidi di Cilacap Rugikan Negara Rp 49 Miliar

SEMARANG - Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Korpolairud Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri bersama Pertamina membongkar penyalahgunaan dan penimbunan BBM...

XL Axiata Business Solutions Raih Sertifikasi ISO 22301:2019

JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions berhasil meraih Sertifikasi ISO 22301:2019 yang merupakan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Hotel Santika Pekalongan Gunakan Bahan Plastik Mudah Terurai Jaga Lingkungan

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan terus mendukung pemerintah untuk menggunakan bahan plastik yang ramah lingkungan untuk segala keperluan. Hotel Santika...

Musda XV HIPMI Jateng: Dua Calon Ketua Umum Janji Siap Kolaborasi dan Sinergi

SEMARANG - Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Tengah ke XV segera digelar pada 28 -...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda