UNS Cultural  Night Bakal Diikuti Mahasiswa dan Alumni dari 20 Negara

 

PURWOKERTO – Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagaimana diketahui menjadi tempat belajar pilihan bagi banyak mahasiswa, tak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Saat ini tercatat ada  154 mahasiswa asing dari 24 negara sedang menempuh studi di UNS.Di tengah pandemi Covid-19 ini, UNS akan menggelar UNS Cultural Night (UCN) 2020 yang menjadi ajang pentas budaya.

 

Program Director UCN 2020, Yudi Sastroredjo mengatakan, acara akan digelar pada Jumat, 30 Oktober 2020 mulai pukul 19.00 WIB. Dan sampai saat ini sudah ada mahasiswa serta alumni dari 20 negara yang menyatakan akan mengikuti acara yang dilaksanakan secara virtual tersebut.

 

“Kita mengusung tema ‘Menunggu Saat Berjumpa’, karena di tengah pandemi ini semua orang saling merindukan, rindu untuk melakukan aktivitas bersama, seperti kuliah dan berkarya lagi. Sehingga perjumpaan virtual diharapkan mampu mengobati kerinduan mereka,” kata Yudi dalam rilis yang terima ZonaPasar.com, Selasa (13/10).

 

Mahasiswa dan alumni yang turut berpartisipasi dalam UNC antara lain dari negara Turkmenistan, Tajikistan,  Libya, Timor Leste, Rwanda, Madagaskar, Nigeria, Burundi, Jepang, Philipina, Vietnam, Suriname, Thailand, Myanmar, Belanda, India, Liberia, Malaysia, Rusia, Sierra leone, Sudan, Ethiopia, dan Mesir. Para mahasiswa ini juga akan menampilkan aksi panggung mulai dari tarian, lagu hingga peragaan busana.

 

Kepala International Office UNS, Irwan Trinugroho mengatakan, pihaknya sangat mendukung gelaran UCN, sebab ajang tersebut menjadi tempat bertemunya warga UNS lintas budaya. Iklim internasional di UNS yang terbentuk melalui kehadiran mahasiswa internasional dari berbagai negara dirayakan dalam malam gelar budaya tersebut.

 

“Momen ini sekaligus juga sebagai wadah untuk saling belajar, menghargai, menghormati, dan meningkatkan  pemahaman akan keberagaman budaya di dunia melalui seni pertunjukkan, cara berpakaian, dan kekayaan kuliner,” tuturnya.

 

Virtual UNS Cultural Night 2020 akan banyak menyajikan kolaborasi lintas negara baik dari mahasiswa aktif UNS maupun alumni internasional UNS secara daring dan luring. Sajian penampilan panggung luring dilaksanakan di  Gedung GPH Haryo Mataram (Auditorium) UNS dengan protokol kesehatan yang ketat. Dan seluruh penampilan tersebut dapat disaksikan oleh penonton melalui platform streaming di channel Youtube Official UNS.

 

Selain menampilkan lagu dan kesenian asal Turkmenistan, Tajikistan, Libya, Timor Leste, dan Rwanda, juga ada sajian spesial Tribute to Didi Kempot, seorang maestro seni dan ikon kebanggan Kota Solo.

 

Peragaan busana dari 9 negara juga akan melengkapi penampilan bintang tamu Keroncong Milenials. Ada juga penampilan khusus untuk menyebarkan pesan semangat kepada dunia dalam menghadapi pandemi global COVID-19, yang akan disampaikan oleh rektor UNS ya berkolaborasi dengan mahasiswa dan alumni internasional UNS. (Ning Hermiana )

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here