Usai Makan Soto Pak Man, Jokowi Borong Sawo di Pasar Karangayu

Presiden RI Joko Widodo saat berkunjung di Pasar Karangayu, Kota Semarang, Sabtu (20/10)/Humas Jateng.

SEMARANG- Soto Pak Man di jalan Pamularsih kembali menjadi pilihan Presiden RI Joko Widodo sebagai menu santap pagi di sela-sela kunjungan kerjanya di Kota Semarang, Sabtu (20/10).

Presiden Jokowi tiba di soto Pak Man sekitar pukul 07.30 WIB. Yang jadi sajian andalan Soto Pak Man adalah soto ayam dengan kuah rempah yang sedap, aneka jenis sate, gorengan serta kerupuk. Sebelumnya Jokowi juga telah menikmati Soto Pak Man sekitar bulan April lalu.

Sejumlah pejabat turut mendampingi, di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta istri. Selain itu ada juga Pangdam IV/ Diponegoro, Mayjend TNI Wuryanto serta Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono. Terlihat juga Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Sekitar pukul 08.00 WIB rombongan presiden keluar dari warung soto ayam itu menuju Pasar Karangayu.

Di Pasar Karangayu, ratusan pedagang dan pengunjung pasar pun penuh sesak menanti kehadiran suami Iriana itu. Begitu Jokowi tiba dan turun dari mobil, pedagang semakin merangsek berebut berjabat tangan. Jajaran pedagang buah, gorengan, kembang, lepet lontong dan lainnya langsung berteriak menawarkan dagangannya.

“Pak Jokowi sawo pak. Manis ini pak,” teriak Jajang Rubiyanto menawarkan dagangannya.

Jokowi yang melintas menyempatkan untuk menanggapi.

Sawo apa? Manis? Ya sudah beli empat kilo,” ujar Jokowi sambil melanjutkan jalan.

Jajang mengungkapkan harga sawo miliknya Rp 17 ribu per kilogram. Namun oleh Jokowi dia diberi uang Rp100 ribu untuk pembelian empat kilogram sawo.

“Kembaliannya tak kasih ke ajudan tidak mau,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Ganjar Pranowo yang mendampingi Jokowi, menyempatkan berdialog dengan pedagang. Baik menyangkut harga, distribusi, maupun pemasaran produk pedagang. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here