Uu Ruzhanul Ajak Muslim di Jabar Perkuat Fondasi Siyasah dan Muamalah

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menghadiri Silaturahmi Ulama, Umaro, TNI, Polri, dan Pelantikan Idaroh Ghusniyah se-Kota Depok di Kompleks Pendidikan Yayasan Pembangunan Ar-Ridho, Cilodong, Kota Depok, Minggu (8/3/20). (Foto: Aji/Humas Jabar)

KOTA DEPOK — Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengajak umat Muslim di Jabar untuk bersama-sama memantapkan fondasi siyasah (politik) dan muamalah (bisnis).

“Mari kita buka orientasi berpikir kita agar di samping tarbiyah (pendidikan) untuk masyarakat, kita juga harus memperkuat fondasi kita di bidang siyasah dan muamalah,” ucap Kang Uu saat menghadiri Silaturahmi Ulama, Umaro, TNI, Polri, dan Pelantikan Idaroh Ghusniyah se-Kota Depok di Kompleks Pendidikan Yayasan Pembangunan Ar-Ridho, Cilodong, Kota Depok, Minggu (8/3/20).

Menurutnya, dengan fondasi siyasah yang kuat, maka akan ada keberpihakan dari pemimpin/penguasa terhadap kepentingan umat. Muamalah yang kukuh pun akan menjadi kekuatan bagi umat untuk hidup mandiri.

Adapun lewat visi Jabar Juara Lahir Batin, Kang Uu berujar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar punya program unggulan bagi masyarakat terkait pendidikan, bisnis, dan politik sehingga mendorong berkembangnya berbagai potensi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.

Di bidang pendidikan, Pemprov Jabar telah menggratiskan biaya pendidikan untuk SMA/sederajat dan sejumlah program beasiswa perguruan tinggi. Dari penguatan ekonomi umat, telah hadir program One Pesantren One Product (OPOP), One Village One Company (OVOC), hingga Kredit Mesra.

Sementara di bidang kepemimpinan, ada Jabar Future Leader, English For Ulama, dan sejumlah program kepemudaan yang mendukung berdikarinya umat di provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia ini.

Selain itu, Kang Uu yang juga Panglima Santri ini pun mengajak umat untuk memperkuat nilai-nilai keagamaan, akhlak, dan Pancasila untuk mendorong majunya bangsa Indonesia dalam berbagai sektor.

“Menjalankan agama dengan kaffa (menyeluruh) juga bagian dari Pancasila. Sesuai dengan sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa,” kata Kang Uu.

Dengan penduduk mayoritas Muslim, dirinya juga berharap setiap umat di Jabar bisa menjadi perekat bangsa demi terjaganya kerukunan dan kebersamaan seluruh elemen bangsa.

“Jaga persatuan dan kesatuan. Karena itu kita harus memupuk kebersamaan. Sehingga silaturahmi sangat penting, apalagi antara ulama dan umaro, juga TNI/Polri. Maka kami mengapresiasi terselenggaranya acara hari ini,” kata Kang Uu.

“Ulama dan umaro mesti sinergis. Sebab Ulama membimbing masyarakat dalam hal ukhrawi, dan umaro membimbing masyarakat dalam hal lahir, sehingga cita-cita kami Jabar Juara Lahir Batin bisa segera tercapai,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here