19.000 Kendaraan Lewati Tol Batang – Semarang Setiap Hari

Jembatan Kalikuto di ruas tol Batang-Semarang/istimewa.

SEMARANG – Jasa Marga mencatat sedikitnya 19.000 kendaraan melewati ruas jalan tol Batang-Semarang setiap harinya. Jumlah tersebut tumbuh positif kerena tidak jauh dari target 20.000 kendaraan.

Direktur Utama Jasa Marga Tol Batang- Semarang, Arie Irianto mengatakan, traffic kendaraan di jalan tol yang baru diresmikan itu memang tidak bisa langsung ramai. Butuh waktu agar pengguna mobil atau pun truk beralih ke jalan tol.

Adapun ruas jalan tol Batang-Semarang itu belum lama diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis (20/12/2018) lalu bersamaan dengan dua ruas jalan tol Pemalang-Batang dan Salatiga-Semarang. Panjang ketiga ruas tol tersebut keseluruhan mencapai 142 kilometer.

“Saya kira bagus pertumbuhannya, saat ini dari rencana bisnis plan 20.000, sekarang 19.000 kendaraan yang melewati tol Batang-Semarang ini,” ujar Arie, Rabu (27/2).

Dijelaskan, dari 19.000 kendaraan yang melewati jalan tol Batang-Semarang, 20% merupakan kendaraan golongan dua hingga lima. Sedangkan 80% merupakan golongan satu.

“Pengguna tol Batang-Semarang cukup besar golongan dua dan limanya ada 20%, karena memang banyak ke pelabuhan Tanjung Emas. Ini cukup tinggi dibandingkan tol Solo-Ngawi yang hanya 10%,” ucapnya.

Disebutnya, sejauh ini keuntungan jalan tol belum bisa dirasakan, butuh waktu puluhan tahun untuk bisa merasakan modal yang telah dikeluarkan. Sehingga, lanjutnya butuh pemengang saham yang kuat ketika mengalami devisit anggaran.

“Tol tumbuh pelan-pelan hingga mencapai kapasitas full-nya, nanti baru bisa menikmati hasil investasi,” tandasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here