Akhir Tahun, Jembatan Kalikuto Diperkirakan Bisa Dilalui

Jembatan Kalikuto di Batang. ©Liputan6.com/Arya Manggala

SEMARANG- Progres fisik jembatan Kalikuto yang berada di ruas tol Batang-Semarang Jawa Tengah akhirnya selesai. Jembatan yang merupakan penghubung tol Trans Jawa Kabupaten Kendal dan Batang itu hanya menyisakan pekerjaan tambahan.

Direktur Utama PT Jasa Marga, Tbk Desi Arryani secara khusus meninjau jembatan lengkung pertama Indonesia yang strukturnya dirakit pada lokasi pemasangan itu. Ia menyebut selesainya pekerjaan jembatan menjadi penting untuk operasional tol yang dijadwalkan pada akhir Desember 2018.

“Jembatan Kalikuto sendiri secara struktur sudah selesai. Hanya yang belum adalah finishing. Tapi secara struktur beratnya sudah selesai,” kata Desi, Rabu (17/10).

Dengan selesainya jembatan Kalikuto, Desi optimis penyelesaian kontruksi fisik tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer itu dapat selesai pada 30 November 2018. Sedangkan secara umum seluruh ruas tol Trans Jawa juga ditargetkan beroperasi pada akhir 2018.

“Tol Trans Jawa ini kita targetkan sama antara tanggal 20 sampai akhir Desember sudah peresmian. Berarti Mulai 1 Desember-20 Desember uji kelayakan, ” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang-Batang, Ari Iriyanto menambahkan, jembatan yang berada di seksi II antara kabupaten Kendal dan Batang itu hanya tingga menyelesaikan pekerjaan minor, meliputi marka, pengerasan, dan lighting. Pekerjaan itu optimis akan selesai sesuai target pada akhir November mendatang.

“Jadi secara keseluruhan telah diselesaikan per 15 Oktober 2018 lalu,” katanya.

Jembatan Kalikuto merupakan jembatan yang paling unik di Indonesia. Kontruksinya memanfaatkan struktur yang dirakit di lokasi pemasangan serta dibangun dengan teknik yang hampir sama dengan jembatan holtekamp di Papua dan terdiri dari enam jalur.

Sementara itu, sebelumnya jembatan ini telah dibuka sementara untuk mengurai kemacetan kendaraan pemudik yang masuk dai exit tol Gringsing, Batang. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here