spot_img
UmumTransportasiAkhir Tahun, Jembatan Kalikuto Diperkirakan Bisa Dilalui

Akhir Tahun, Jembatan Kalikuto Diperkirakan Bisa Dilalui

-

- Advertisment -spot_img
Jembatan Kalikuto di Batang. ©Liputan6.com/Arya Manggala

SEMARANG- Progres fisik jembatan Kalikuto yang berada di ruas tol Batang-Semarang Jawa Tengah akhirnya selesai. Jembatan yang merupakan penghubung tol Trans Jawa Kabupaten Kendal dan Batang itu hanya menyisakan pekerjaan tambahan.

Direktur Utama PT Jasa Marga, Tbk Desi Arryani secara khusus meninjau jembatan lengkung pertama Indonesia yang strukturnya dirakit pada lokasi pemasangan itu. Ia menyebut selesainya pekerjaan jembatan menjadi penting untuk operasional tol yang dijadwalkan pada akhir Desember 2018.

“Jembatan Kalikuto sendiri secara struktur sudah selesai. Hanya yang belum adalah finishing. Tapi secara struktur beratnya sudah selesai,” kata Desi, Rabu (17/10).

Dengan selesainya jembatan Kalikuto, Desi optimis penyelesaian kontruksi fisik tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer itu dapat selesai pada 30 November 2018. Sedangkan secara umum seluruh ruas tol Trans Jawa juga ditargetkan beroperasi pada akhir 2018.

“Tol Trans Jawa ini kita targetkan sama antara tanggal 20 sampai akhir Desember sudah peresmian. Berarti Mulai 1 Desember-20 Desember uji kelayakan, ” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang-Batang, Ari Iriyanto menambahkan, jembatan yang berada di seksi II antara kabupaten Kendal dan Batang itu hanya tingga menyelesaikan pekerjaan minor, meliputi marka, pengerasan, dan lighting. Pekerjaan itu optimis akan selesai sesuai target pada akhir November mendatang.

“Jadi secara keseluruhan telah diselesaikan per 15 Oktober 2018 lalu,” katanya.

Jembatan Kalikuto merupakan jembatan yang paling unik di Indonesia. Kontruksinya memanfaatkan struktur yang dirakit di lokasi pemasangan serta dibangun dengan teknik yang hampir sama dengan jembatan holtekamp di Papua dan terdiri dari enam jalur.

Sementara itu, sebelumnya jembatan ini telah dibuka sementara untuk mengurai kemacetan kendaraan pemudik yang masuk dai exit tol Gringsing, Batang. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Permintaan Kembali Normal, Sido Muncul Optimis Perekonomian Makin Baik

  ZONAPASAR.COM, SEMARANG - Manajemen PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) optimistis perekonomian akan membaik dan permintaan...

Pelatihan Kelompok Ternak Manfaatkan Biogas Jadi Bahan Bakar Rumah Tangga

ZONAPASAR.COM, BOYOLALI – Sebagai upaya menghadirkan energi bersih dan ramah lingkungan, Pertamina terus mendorong inovasi energi baru terbarukan. Hal itu...

Erajaya Mulai Produksi Feature Phone Nokia di Semarang, Per Hari Tembus 1.200 Unit

SEMARANG  - Erajaya Group mengumumkan produksi perdana ponsel feature phone hasil kerjasama dengan Nokia. Ponsel tersebut diproduksi di fasilitas manufaktur...

Chef Hotel Santika Pekalongan Berikan Pelatihan Carving Fruite and Vegetable ke Ibu – ibu PKK Se- Kabupaten Batang

PEKALONGAN - Kae Sa Luka atau carving buah dan sayur merupakan salah satu jenis seni berbentuk ukiran atau biasa...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pulihkan Ekonomi Lewat Wisata Musik, Gibran Apresiasi PLN

ZONAPASAR.COM, SOLO - Gelaran konser band asal Amerika Serikat Dream Theater bertajuk Top of The World Tour di Solo, 10...

NFA Luncurkan Panel Harga Pangan

ZONAPASAR.COM, JAKARTA – Dalam rangka monitoring harga pangan nasional untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA)...

Must read

Hadirkan Konten Video Premium untuk Pelanggan, Smartfren Tandatangani Kerja Sama Ekslusif dengan Vision+

JAKARTA – Smartfren menjadi operator pertama di Indonesia yang...

Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia Lakukan Tes IVA Kepada 500 Karyawan Perempuan Sido Muncul

  ZONAPASAR.COM, SEMARANG - Setiap perempuan berisiko untuk terkena kanker leher...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda