Ekonomi Bisnis2018, Ekspor Perikanan Jateng Naik 59%

2018, Ekspor Perikanan Jateng Naik 59%

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG- Ekpor hasil perikanan di Jateng selama Januari sampai November 2018 mengalami kenaikan 59% dibandingkan periode yang sama tahun 2017.

Adapun, nilai ekpor perikanan di Jateng sampai akhir November 2018 mencapai Rp 4,7 triliun sementara pada periode yang sama tahun lalu hanya Rp 2,9 triliun. Capaian tersebut seiring dengan berkembangnya mutu perikanan di Jateng.

Kepala Balai Karantina Ikan dan Pengembangan Mutu (BKIPM) Semarang Raden Gatot Perdana mengatakan, pertumbuhan ekspor hasil perikanan di Jateng sangat positif. Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya ekpor perikanan di Jateng sampai 59%.

“Ekpor perikanan di Jateng selalu menunjukkan tren yang positif. Ini seiring dengan banyaknya eksportir hasil perikanan asal Jawa Tengah, sehingga nilainya terus bertambah,” kata Gatot, Kamis (27/12).

Dikatakan, komoditas yang paling laku yakni rajungan dengan kontribusi 37,5%, diikuti udang 17,7% dan cumi-cumi 10%. Ini membuktikan jika hasil perikanan Jateng amat diminati masyarakat luar negeri.

Disebutnya, negara tujuan ekspor perikanan masih berada di negara besar seperti Amerika Serikat, Jepang , China dan Malaysia. Menurutnya, Amerika Serikat memang menjadi primadona bagi eksportir untuk mengirim hasil perikanan mereka.

“Rajungan dan udang memang masih menjadi andalan ekspor perikanan Jateng. Karena masyarakat luar negeri khususnya Amerika Serikat amat menyukai rajungan maupun udang,” ujarnya.

Ditambahkan, untuk hasil perikanan yang di ekspor kebanyakan dari wilayah pantai utara Jawa Tengah maupun beberapa daerah lain seperti Jawa Timur. Sehingga, ekpor perikanan di Jateng terus meningkat.

“Untuk supplier kebanyakan berasal Pantura Jateng. Ada juga yang dari Jawa Timur namun jumlahnya tidak banyak,” paparnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

BOYOLALI -  PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren...

Apindo Semarang Jamin Perusahaan Bayar THR Secara Penuh

SEMARANG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Semarang memastikan perusahaan di kawasan ini akan membayar Tunjangan Hari Raya (THR)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Dipimpin Evolusi OLED, Lini TV LG Tahun 2021 Siap Meluncur

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia (LG) mengeluarkan pernyataan kesiapan perusahaan dalam memperkenalkan lini TV terbarunya di tahun ini....

SIG Bukukan Laba Rp450,36 Miliar

*Kuartal I Tahun 2021 JAKARTA– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Kuartal I tahun 2021 mencatatkan laba yang dapat diatribusikan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda