Ekonomi Bisnis228.466 Merchant di Jateng Sudah Terkoneksi dengan QRIS

228.466 Merchant di Jateng Sudah Terkoneksi dengan QRIS

-

- Advertisment -spot_img

Kepala BI Jateng, Soekowardojo saat menunjukan kemudahan transaksi menggunakan scan barkot standar Indonesia atau QRIS, Jumat (6/3/20).

SEMARANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah mencatat hingga Februari 2020, ada 228.466 merchant di Jateng telah mengadopsi pembayaran menggunakan QR Code Indonesian Standard atau QRIS.

Kepala BI Jateng, Soekowardojo mengatakan, implementasi QRIS yang dimulai sejak Januari 2020 tersebut mendapatkan antusias yang luar biasa dari pedagang (merchant) di Jateng.

Menurutnya, melalui QRIS ini banyak manfaat yang akan didapatkan oleh pedagang atau pelaku UMKM. Mereka cukup menyediakan 1 macam QR Code sudah bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran non tunai.

“QR Code standar sangat bermanfaat, karena pedagang bisa menerima pembayaran dari aplikasi penyelenggara manapun, baik dari bank atau non-bank, bahkan akan dapat menerima pembayaran dari turis manca negara,” kata Soekowardojo, Jumat (6/3/20).

Dia mengatakan, QRIS bukan merupakan aplikasi, melainkan satu standar kode respons cepat untuk seluruh pembayaran, sehingga QRIS bisa digunakan di semua merchant yang bekerjasama dengan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang sudah mengimplementasikan QRIS.

“Standardisasi QR Code ini menjadi dukungan terhadap pelaku usaha UKM, termasuk integrasi ekonomi keuangan digital nasional, yang merupakan salah satu visi Sistem Pembayaran Indonesia 2025,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk memperluas akseptasi QRIS, Bank Indonesia terus mendorong pedagang segera beralih ke QRIS. BI juga akan menyelenggarakan Pekan QRIS Nasional (PQN) 2020 yang akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, mulai 9-15 Maret 2020.

Melalui Pekan QRIS ini, BI Jateng akan memulai kegiatan dengan sosialisasi kepada komunitas milenial seperti di kampus, kemudian pasar tradisional, tempat ibadah, dan pedagang di kawasan Simpang Lima.

“Kami tidak memang tidak memiliki target khusus dalam implementasi QRIS ini, namun BI berharap dapat menggaet sebanyak-banyaknya merchant untuk menggunakan QRIS,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...
- Advertisement -spot_imgspot_img

XL Axiata Luncurkan Paket Keluarga ‘AKRAB’

*Berbagi Kuota, Berbagi Kebersamaan JAKARTA- Menyambut bulan Ramadan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan produk inovatif yang bisa mempererat...

Realme 8 dan 8 Pro Kini Hadir di Semarang dan Yogyakarta, Dijual Mulai Rp 3,5 Jutaan

SEMARANG – Realme, merek smartphone Favoritnya Anak Muda mulai meluncurkan realme 8 dan 8 Pro, realme Buds Air 2...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda