AHRS Tuntaskan Rangkaian Pembinaan Calon Pebalap Dunia

0
PT Astra Honda Motor (AHM) menuntaskan rangkaian pembinaan 16 calon pebalap masa depan Indonesia pada seri terakhir Astra Honda Racing School (AHRS) 2023 di AHM Safety Riding & Training Center Deltamas, Jawa Barat (11-15/12). Foto : ist/zonapasar.com

ZONAPASAR.COM, JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) menuntaskan rangkaian pembinaan 16 calon pebalap masa depan Indonesia pada seri terakhir Astra Honda Racing School (AHRS) 2023 di AHM Safety Riding & Training Center Deltamas, Jawa Barat (11-15/12/2023). Belasan anak muda berusia 11 – 14 tahun ini diberikan berbagai pengetahuan teknik balap dan latihan fisik secara intensif yang dapat menjadi bekal dalam mencetak prestasi hingga ajang balap tertinggi, seperti yang telah dicapai alumni AHRS sebelumnya pada kejuaraan balap Asia hingga level dunia.

AHRS 2023 digelar sebanyak 4 seri dengan penguatan latihan Flat Track Training menggunakan CRF150R untuk melatih kelincahan dan teknik pengendalian sepeda motor di atas lintasan. Melengkapi Flat Track Training, para peserta juga mendapatkan sesi latihan teknik balap menggunakan NSF100 dan CBR250RR dengan menghadapi lintasan 8 shape dan lintasan zigzag. Pembinaan AHRS dibimbing langsung oleh pebalap yang telah banyak mencetak prestasi di tingkat nasional dan internasional yakni Gerry Salim, Sudarmono, dan juga Wawan Hermawan.

Selain latihan teknik balap, peserta juga diberikan latihan fisik yang melatih kekuatan sebagai pebalap tangguh dengan gaya latihan “Eropa Style”. Mengadopsi latihan fisik peserta Eropa, para peserta dididik setiap hari dengan latihan fisik bersepeda, lari, pembentukan otot melalui latihan angkat beban dan aktivitas gym. Untuk memberikan hasil yang optimal, latihan diberikan langsung oleh physical trainer professional untuk memantau perkembangan fisik para siswa.

Pelatihan secara komprehensif ini dilengkapi dengan pembekalan peraturan dasar dalam dunia balap. Berbagai pengetahuan balap diberikan seperti arti dari berbagai macam bendera di lintasan sirkuit, tata cara start, pinalti, dan beragam aturan lain yang berlaku di lintasan balap. Pembekalan ini menjadi dasar penting yang perlu dimiliki para pebalap pemula sehingga dapat cepat beradaptasi dengan kompetisi balap dan menghindari adanya pelanggaran.

Para peserta pembinaan ini menerapkan semua ilmunya yang didapatkan melalui “Mini Race” pada setiap seri AHRS untuk memberikan sensasi kompetisi balap.

“Saya sangat senang bisa ikut di Astra Honda Racing School 2023, tentunya banyak sekali pelajaran yang dapat saya ambil di tahun ini, mulai dari pentingnya fisik, peningkatan kemampuan balap, kemampuan berkomunikasi, hingga pengetahuan dasar mengenai sepeda motor. Pelatihan yang diberikan di AHRS ini juga sangat menarik buat saya. Semoga bekal yang didapat di AHRS 2023 ini dapat menjadi bekal untuk menjadi pebalap profesional di kemudian hari,” ujar Abimanyu Fermadi, pebalap berusia 11 tahun yang juga peserta AHRS 2023.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya mengatakan, program AHRS ini merupakan tahap pertama dalam program penjenjangan balap untuk anak muda yang memiliki potensi balap mumpuni. Konsistensi penyelenggaraan AHRS diharapkan dapat berbuah manis dalam mencetak pebalap bertalenta yang siap bersaing di kompetisi balap dunia.

“AHRS merupakan salah satu perwujudan komitmen kami untuk menghadirkan pebalap Indonesia yang akan siap bersaing dalam kompetisi balap nasional hingga internasional dan mengharumkan nama bangsa di masa yang akan datang,” ujar Andy.

Setelah menjalani pelatihan dalam AHRS, para pebalap muda ini akan merasakan langsung balapan pada ajang balap sesungguhnya dengan mengikuti Honda Dream Cup (HDC). Atmosfer balap penting didapatkan untuk mengasah mental dan kompetensi mereka agar semakin siap bertarung dengan pebalap tangguh lainnya.

Dimulai sejak tahun 2010, AHRS menjadi ajang pelatihan pebalap muda Tanah Air yang secara konsisten berhasil mengantar binaannya menjadi pebalap-pebalap berprestasi pada ajang balap Asia dan dunia. Pada balapan Asia, lulusan AHRS tahun 2010, Andi Farid Izdihar berhasil menjadi pebalap Indonesia pertama yang menjadi Juara Asia pada gelaran balap Asia Road Racing Championship (ARRC) 2022 kelas SuperSports 600cc.

Tidak kalah gemilang, Veda Ega Pratama sebagai alumni AHRS tahun 2019 juga menorehkan prestasi membanggakan melalui raihan juara pertama pada ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) musim 2023 yang diiringi sejarah podium pertama terbanyak sepanjang masa.

Di kancah balap Eropa, Fadillah Arbi Aditama yang berhasil mencetak sejarah baru sebagai pebalap Indonesia pertama yang meraih podium pertama pada ajang FIM JuniorGP. Arbi yang merupakan lulusan AHRS 2019, berhasil mengukir sejarah saat berkompetisi di seri Barcelona-Catalunya pada bulan Juli lalu. Pada kompetisi balap dunia, Mario Suryo Aji yang saat ini bersaing di kelas Moto2 World GP, merupakan lulusan AHRS tahun 2016.(ule)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan