Akpol Gelar Porsimaptar 2021 Bertaraf Internasional

34
Ketua Panitia Porsimaptar 2021, Brigadir Satu Taruna Arshan Rachman saat memberikan penjelasan dalam press conference secara virtual, Senin (11/10).

SEMARANG – Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang akan menggelar Pekan Olahraga Kesenian Mahasiswa dan Taruna Nasional (Porsimaptar) XXI pada 18-22 Oktober 2021.

Ketua Panitia Porsimaptar 2021, Brigadir Satu Taruna Arshan Rachman mengatakan, event Porsimaptar tahun ini meliputi berbagai kegiatan perlombaan baik berskala nasional maupun internasional. Sehingga pesertanya juga datang dari berbagai negara yang akan mengikuti kegiatan Porsimaptar 2021.

Menurutnya, Porsimaptar 2021 diikuti sekitar 3.500 peserta, dimana 20 peserta diantaranya datang dari 7 negara seperti Malaysia, Filipina, dan negara lainnya.

“Tujuan Porsimaptar kali ini kita ingin mengubah stigma masyarakat terhadap taruna Akpol yang kaku menjadi yang inovatif, kreatif. Pandemi tidak menjadi penghalang untuk berkreasi,” katanya dalam keterangan pers secara virtual zoom, Senin (11/10).

Dijelaskan, kegiatan tahun ini bertemakan Revolution In “Retrovolution”, dimana dengan mengusung slogan “Muda, Kreatif dan Inovatif” sehingga menyuguhkan kegiatan dan perlombaan yang menarik untuk diikuti. “Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Porsimaptar kini hadir membawa pesan untuk mengedepankan kekayaan budaya dan juga kemajuan teknologi melalui berbagai rangkaian kegiatan,” terangnya.

Kegiatan ini hadir mulai dari perlombaan dari cabang kesenian, science, games, hingga olahraga diantaranya Lomba Karya Tulis Ilmiah, Poster Design Contest, English Competition: Speech dan Newcasting, Art Competition: Lomba tari, vokal, dan band, E-Sport: Mobile Legend, Valorant, dan PUBG, serta Short Movie Competition.

“Walau keterbatasan dengan situasi dan kondisi yang serba online ini, kami tak hilang akal untuk turut mengadakan perlombaan berbasis olahraga dan menggaet iRace Indonesia dalam perlombaan Virtual Race yang terbagi dalam Virtual Ride sejauh 54 km dan Virtual Race sejauh 21 km,” tambahnya.

Seluruh perlombaan ini berskala nasional bahkan internasional, dan telah diikuti oleh seluruh peserta dari berbagai daerah, sekolah, dan universitas. 

Perlombaan ini menghadirkan langsung juri internasional sekaligus, dua di antaranya ialah Shan Shuhas Kumar (India) dan Andres Paraguirre (UNDP Mexico), serta beberapa jajaran pendidik dari universitas di Indonesia. Perlombaan telah berlangsung sejak September lalu dan seluruh pemenang akan serentak diumumkan pada tanggal 22 Oktober 2021, bertepatan dengan acara closing Porsimaptar Akpol 2021.

Selain perlombaan, Porsimaptar kali ini juga menggandeng Senandung Nacita untuk turut berpartisipasi dalam rangkaian acara webinar nasional selaku moderator yang akan berlangsung selama dua sesi dengan narasumber yang tentunya inspiratif dan inovatif.

Hal yang paling menarik dari Porsimaptar 2021 ini yaitu adanya Virtual Exhibition yang akan menampilkan karya-karya anak bangsa yang turut berpartisipasi dalam seluruh perlombaan yang telah diselenggarakan, mulai dari hasil poster hingga video penampilan. Virtual Exhibition ini nantinya dapat diakses melalui website resmi porsimaptar di  www.porsimaptar.com.

Porsimaptar tahun ini juga menampilkan Display Drumcorps Cendrawasi Akpol dan berbagai kesenian lainnya yang akan dikemas dalam bentuk theatrical mascot Porsimaptar opening pada 18 Oktober mendatang.

Brigadir Satu Taruna Haidar Yaafi selaku MC dalam Pers Conference Virtual Porsimaptar XXI menuturkan, secara umum kegiatan tahun ini diadakan semi online, dimana ada kegiatan yang dilakukan secara offline, ada yang digelar secara online atau virtual.
Kegiatan Porsimaptar 2021 juga akan ditayangkan dalam Live On Youtube Akpol dn Porsimaptar 2021. (ZP/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here