spot_img
TravelingAlumni Planologi Undip Ajak Komunitas Sekabupaten Indramayu Bersih-Bersih Pesisir

Alumni Planologi Undip Ajak Komunitas Sekabupaten Indramayu Bersih-Bersih Pesisir

-

- Advertisment -spot_img
Alumni Planologi Undip Ajak Komunitas Sekabupaten Indramayu Bersih-Bersih Pesisir.

INDRAMAYU – Bakti alumni Planologi UNDIP dalam rangkaian acara HUT ke-30 gelar bersih pesisir di Kabupaten Indramayu mengajak lintas komunitas untuk terlibat.

Terdapat 50 (lima puluh) anggota komunitas yang ada di wilayah Kabupaten Indramayu berkolaborasi bersama menggelar kegiatan membersihkan pesisir pantai. Bertempat di Pantai Tirta Ayu Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu, kegiatan Aksi Bersih Pesisir dlaksanakan pada Sabtu (17/09/2022). Kegiatan ini juga merupakan bentuk partisipasi dalam memperingati World Clean Up Day 2022.

Staf Senior Pemberdayaan Masyarakat Desa (SSPMD) Jawa Barat Hilmi Hilmansyah yang juga Koordinator kegiatan Aksi Bersih Pantai ini menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada mitra kolaborasi yang hadir dan terlibat pada kegiatan Aksi Bersih Pesisir.

Dalam kegiatan sosial yang merupakan rangkaian HUT ke-30 Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro ini, berhasil mengumpulkan dan membersihkan sebanyak 300 kg sampah di pesisir dan 5 ton lebih sampah di TPS yang diangkut ke TPA.

Koordinator Bersih Pantai Hilmi Hilmansyah menyampaikan, ribuan kilogram sampah tersebut berhasil dibersihkan dalam kegiatan bersih pantai sepanjang bibir pantai, yang masuk wilayah Kabupaten Indramayu.
“Tujuan kegiatan untuk mengedukasi masyarakat untuk mengelola sampah dengan bijak untuk mengurangi sampah laut dan pencemaran lingkungan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT 30 Tahun PWK FT Undip Mamo Arief Sudarmono menambahkan, bahwa kegiatan bersih pantai dan juga sungai dalam rangkaian HUT planologi ini akan dilaksanakan di 13 titik di seluruh Indonesia.

Beberapa organisasi dan komunitas diantaranya Patriot Desa Jawa Barat, Rumah Kreatif Indramayu, BEM Vokasi UI, UMKM Millenial Indramayu, Komunitas Cinta Lingkungan, Komunitas Pecinta Alam, Komunitas Mitigasi Resiko Bencana, FKP3D Kabupaten Indramayu, Relawan Indonesia, Kaldera Sispala SMK 1 Balongan, Sigma Rescue, dan Wiralodra Dare Community. Kegiatan ini didukung pula oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Indramayu.

Rosuli dari Rumah Kreatif Indramayu yang turut memberikan sambutan menekankan pentingnya keberlanjutan kegiatan penjagaan lingkungan ini.

Turut hadir pula mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Vokasi Universitas Indonesia yang sengaja datang dari Jakarta untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Perwakilan BEM Vokasi UI juga menyampaikan dukungan pada kegiatan Aksi Bersih Pesisir, sekaligus menyampaikan pula kegiatan lain yang dilaksanakan BEM Vokasi UI di Kabupaten Indramayu, yaitu penanaman bakau di Eretan Kulon.

Selajutnya seluruh pihak yang terlibat membersihkan area pantai bersama-sama. Sampah dikumpulkan kedalam kantung-kantung sampah kemudian ditimbang terlebih dahulu sebelum diangkut oleh kendaraan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu untuk dibawa ke TPA.

Hilmi Hilmansyah menyatakan Aksi Bersih Pesisir ini merupakan wujud nyata bahwa menjaga kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, bukan urusan satu pihak saja. Dirinya berharap semoga kegiatan ini dapat menjadi pemantik kegiatan pelestarian lingkungan lainnya di Kabupaten Indramayu.

Selain itu, Hilmi Hilmansyah juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar atas dukungannya dalam kegiatan ini melalui DLH dan DPUPR Kabupaten Indramayu.

“Terima kasih kepada Ibu Bupati yang sudah sangat peduli dengan kebersihan lingkungan di Kabupaten Indramayu juga atas dukungan yang diberikan melalui DLH dan DPUPR. Semoga kegiatan ini dapat dapat menciptakan Indramayu yang bersih sebagai perwujudan Indramayu Bermartabat,” pungkas Hilmi. (MTQ – Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PGN Mulai Program Jaringan Gas Bumi 2023 di Kota Yogyakarta dan Sleman

YOGYAKARTA – PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina sudah mulai melaksanakan perluasan jaringan gas rumah tangga (jargas) di...

Festival Vokasi Satu Hati Diikuti 63 SMK Binaan Honda Jateng

ZONAPASAR.COM, SEMARANG – Setelah diumumkan secara nasional pada 17 Januari kemarin, saatnya Jawa Tengah memulai pula program Festival Vokasi Satu...

Edukasi Safety Riding Pelajar Sekolah dari Astra Motor Jateng

ZONAPASAR.COM, KENDAL – Edukasi keselamatan berkendara tidak boleh dilewatkan bagi semua kalangan termasuk generasi muda atau para pelajar SMA/SMK yang...

Sambut Imlek, JNE Gelar Ragam Program Menarik

ZONAPASAR.COM, SEMARANG – Dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Imlek 2574, JNE berbagi kebahagiaan dengan semua pelanggan setianya. Agar aktifitas pengiriman...
- Advertisement -spot_imgspot_img

KAI Daop 4 Semarang Gelar Atraksi Barongsai Di Stasiun Semarang Tawang

ZONAPASAR.COM, SEMARANG - Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang menggelar...

PLN Sukses Jaga Keandalan Listrik Porseni NU Nasional 2023

ZONAPASAR.COM, SURAKARTA - PLN berhasil menyukseskan kemeriahan gelaran Porseni Nahdlatul Ulama (NU) tahun 2023 di Surakarta, dengan keandalan pasokan listrik...

Must read

Hadirkan Konten Video Premium untuk Pelanggan, Smartfren Tandatangani Kerja Sama Ekslusif dengan Vision+

JAKARTA – Smartfren menjadi operator pertama di Indonesia yang...

Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia Lakukan Tes IVA Kepada 500 Karyawan Perempuan Sido Muncul

  ZONAPASAR.COM, SEMARANG - Setiap perempuan berisiko untuk terkena kanker leher...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda