Ekonomi BisnisBanyak UKM Belum Tahu Ada Fintech Syariah

Banyak UKM Belum Tahu Ada Fintech Syariah

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Kalangan usaha kecil menengah (UKM) masih banyak yang belum mengetahui tentang financial technology (fintech). Padahal, di era industri 4.0 ini, pemanfaatan teknologi keuangan digital semakin bertumbuh.

“UKM masih banyak yang belum mengetahui tentang fintech, apalagi fintech syariah,” kata Prita Ilham Poempida, chief marketing officer PT Kerjasama Untuk Negeri (KUN), di sela-sela kegiatan Rapat Kerja Nasional Organisasi Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) Indonesia, Minggu (23/6/2019).

Menurutnya, Indonesia adalah negara yang memiliki valuasi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, sehingga sangat perlu mendorong sektor fintech.

“Khususnya fintech syariah guna meningkatkan inklusi finansial di Indonesia,” jelasnya.

GKN adalah lembaga binaan Kementerian Koperasi dan UMKM yang tengah menggelar Rapat Kerja Nasional di Semarang, 23 hingga 25 Juni 2019. Kegiatan dilaksanakan di dua tempat. Hari pertama di Hotel Siliwangi, Semarang, dengan agenda Temu Mitra GKN dan PT KUN, yang dilanjutkan Sharring Session Peluang Pembiayaan Usaha.

Sharing session dihadiri lebih dari 40 perwakilan UKM di tingkat provinisi yang kesemuanya merupakan anggota GKN. Tujuannya agar para pengusaha UKM memahami penggunaan kerjasama.com sebagai sarana untuk mendapatkan pembiayaan syariah.

“Kerjasama.com adalah fintech crowdfunding syariah untuk sosialisasi dan edukasi fintech syariah kepada para pengusaha UKM,” jelas Prita.

Diungkapkannya, permasalahan wirausaha pemula saat ini adalah mereka rata-rata belum memahami instrumen-instrumen apa saja yang ada di dunia keuangan.

“Kami memiliki kewajiban moral untuk memberikan edukasi kepada mereka,” katanya.

Hari kedua, kegiatan dilaksanakan di Hotel Balemong Resort, Ungaran, yang akan dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi & UKM RI dan Wakil Gubernur Jawa Tengah. Penandatanganan Letter of Intent antara GKN dan PT KUN akan dilakukan pada hari kedua ini.

Kegiatan lainnya adalah Launching GKN News dan talkshow yang menghadirkan sejumlah pakar dalam dunia fintech, terutama terkait dengan skema pembiayaan syariahnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Jangkau Publik Lebih Besar Mengenal Solusi HVAC, LG Perkenalkan Showroom Virtual

JAKARTA— Memanfaatkan terapan teknologi digital, LG Electronics (LG) memperkenalkan sebuah ruang pamer online yang dibuat khusus bagi produk solusi...

PLN UP3 Purwokerto Sinergi Terangi Negeri

PURWOKERTO - PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Purwokerto, melaksanakan Multi Stakeholder Forum (MSF) Tahun 2021 Kamis...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Profil dan Biodata Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata Lengkap, Pendidikan hingga Berbagai Pengalamannya

SEMARANG - Profil dan biodata Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata lengkap dari pendidikan hingga berbagai pengalamannya. Anda...

Dukung PTM dan Masa Libur Akhir Tahun, Link Net Salurkan 5.000 Healthy Kit

JAKARTA – Dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk menekan potensi penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM)...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda