UmumPendidikanBegini Keseruan Mahasiswa Udinus Explore Pasar Karetan di Boja,...

Begini Keseruan Mahasiswa Udinus Explore Pasar Karetan di Boja, Kendal

-

- Advertisment -spot_img

Keramaian di Pasar Karetan Boja, Kendal saat kunjungan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Udinus, Minggu (15/12/19).

SEMARANG – Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengadakan tour ke Pasar Karetan yang berlokasi di Meteseh, Boja, Kendal pada Minggu (15/12/19).

Kegiatan yang berlangsung pada pukul 08.00 – 10.30 WIB ini sangat menyenangkan karena Mahasiswa Ilmu Komunikasi Udinus bisa berkeliling meng-explore Pasar Karetan hingga tuntas.

Kegiatan ini mengusung tema “Nguri Budaya Ing Tanah Boja Bareng Ilkom Udinus”, karena di Pasar Karetan masih menonjolkan budaya tradisional yang sangat kental.

Uniknya di Pasar Karetan Boja ialah sebuah tempat wisata di era modern yang masih eksis dengan budayanya yang tradisional. Hal inilah yang menjadi pembeda diantara pasar-pasar wisata yang lainnya.

Don Kardono, selaku owner dari Pasar Karetan mengatakan bahwa, berdirinya Pasar Karetan ini karena untuk menunjang pariwisata yang ada di daerah Boja dengan memperhatikan 4P (Product, Place, Price, Promotion).

“Pasar Karetan ini berdiri untuk meningkatkan perekonomian dari warga setempat dengan pengelolaan wisata berbasis alam dan menonjolkan nuansa tradisional. Berdirinya Pasar Karetan tentu tidak lepas dari 4P (Product, Place, Price, Promotion) dimana kami benar-benar memperhatikan rumus itu supaya Pasar Karetan tetap eksis,” ujarnya.

Budaya tradisional di Pasar Karetan sudah terasa ketika sampai ditempat pertama kali, karena akan disuguhkan dengan garupa-garpura dari bambu. Dan objek-objek foto disana sangat bernuansa tradisional.

Yang menjadi daya tarik pengunjung ialah festival kuliner di Pasar Karetan yang semua jajanannya adalah jajanan tempo dulu yang susah dicari di jaman sekarang contohnya ialah tiwul, cengkelek, dan sate diwul. Dan semua makanan tersaji menggunakan bahan tradisional semua.

Begini Keseruan Mahasiswa Udinus Explore Pasar Karetan di Boja, Kendal
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Udinus mengadakan tour ke Pasar Karetan yang berlokasi di Meteseh, Boja, Kendal, Minggu (15/12/19).

Untuk seluruh transaksi yang ada di Pasar Karetan pun juga berbeda dengan yang lain, karena disini uang rupiah tidak berlaku. Melainkan harus menukarkan uang rupiah ke uang transaksi Pasar karetan yang bernama girik. Giriknya pun juga terbuat dari bambu yang menambah aksen tradisionalnya.

Dea Lee selaku Leader pengelola pasar Karetan berkata, bahwa pengunjung tiap Minggunya sangat banyak dan selalu ramai terlebih jika ada sebuah event yang diadakan di Pasar Karetan.

“Di Pasar Karetan ini yang sudah 2 tahun berjalan dan pengunjung setiap Minggunya pasti ramai, bahkan ada dari luar kota pun banyak yang menyempatkan waktunya untuk datang ke Pasar Karetan. Terlebih lagi ketika ada event pasti pengunjung semakin ramai yang datang,” tegas Dea Lee.

Kegiatan tour yang diadakan oleh Ilkom Udinus Minggu 15 Desember 2019 juga bertepatan dengan adanya “Festival Tari Sekar Tanjung”. Dengan adanya festival tarian ini menambah daya tarik pengunjung untuk datang ke Pasar Karetan dan menambah value dari kegiatan tour Ilkom Udinus. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda