Ekonomi BisnisBegini Strategi Gojek Tarik UMKM Go Digital

Begini Strategi Gojek Tarik UMKM Go Digital

-

- Advertisment -spot_img

Sebanyak 30 merchant terbaik meramaikan Go Food Festival yang berlangsung di Pasaraya Sri Ratu Semarang. (Ilustrasi)

SEMARANG- Gojek rupanya sudah menyiapkan strategi khusus untuk menarik para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Semarang khususnya pelaku usaha angkringan agar mau masuk ke ranah digital (go digital).

VP Publik Affairs Gojek, Astrid Kusumawardhani mengatakan, Kota Semarang memiliki pelaku UKM yang sangat antusias dalam menjalankan bisnisnya.

“Di sini semangat wirausahanya luar biasa, tahun depan Kota Semarang akan ada pelatihan, sosialisasi dan supervisi agar pengusaha angkringan mau melirik digital sebagai bagian baru dari bisnisnya,” kata Astrid, Rabu (28/11).

Astrid mengemukakan, UMKM di Kota Semarang terbilang jago dalam proses produksi. Namun satu yang menjadi kekurangan adalah belum semua pelaku UMKM mampu memasarkan produknya dengan cara memanfaatkan platfrom digital seperti Gojek.

“Kami siap supervisi, sudah ada sistem kami yang berjalan agar pelaku UMKM ini nantinya mampu jualan lebih banyak,” ucapnya.

Disebutnya, masih banyak pengusaha angkringan di Kota Semarang yang belum memanfaatkan platfrom digital menjadi pekerjaan khusus bagi Gojek.

“Banyak pengusaha angkringan, sebanyak banyaknya akan kami sasar agar terjun ke platfrom digital,” ujarnya.

Astrid mengatakan, platfrom digital merupakan aset yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UKM. “Kami edukasi jangan takut digital. Digital itu aset, semua sudah punya handphone. Itu potensi konsumen,” paparnya.

Astrid menambahkan, Gojek telah berkomitmen membantu sekaligus akan mendukung para pelaku wirausaha. Adanya program Gojek Wirausaha tidak cuma dimanfaatkan oleb ekosistem di dalam Gojek namun bisa juga digunakan oleh pihak luar yang ingin melebarkan bisnisnya melalui platfrom Gojek.

“Ekonomi Indonesia digerakkan oleh UMKM, agar bisa makin berkembang, digital harus digarap serius oleh para pelaku UMKM karena sekarang sudah marak masyarakat non tunai,” terangnya.

Saat ini, lebih dari 300 ribu merchant yang tergabung dalam platfrom Gojem dan 65% diantaranya sudah menggunakan sistem pembayaran non tunai atau kode QR.

“Di Jakarta sudah banyak kantin, lapak angkringan bahkan jualan gerobak yang menggunakan kode QR. Kami berharap pelaku UKM di daerah lain bisa memanfaatkan ini,” pungkasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Lebih Dari 20 Ribu Pelanggan Manfaatkan Promo Tambah Daya PLN

JAKARTA – Program promo tambah daya listrik “Ramadan Peduli“ dan "Ramadan Berkah" disambut baik oleh pelanggan. Hingga 16 Mei...

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda