BEI Bidik Kalangan PNS di Jateng Ikut Berinvestasi di Pasar Modal

Kepala BEI Semarang Fanny Rifqi saat memberikan paparan kepada wartawan di Semarang, Selasa (17/12/19).

SEMARANG – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Semarang membidik investor baru dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS) di Jawa Tengah lewat kerja sama dengan pemerintah daerah setempat.

Kepala BEI Semarang Fanny Rifqi mengatakan, pihaknya melihat jumlah investor dari kalangan PNS yang berinvestasi di pasar modal masih sangat sedikit dibandingkan dengan investor dari pengusaha, karyawan swasta maupun mahasiswa.

“Ke depan kami akan melakukan diversifikasi jadi investor kalau bisa dari sisi PNS, masyarakat umum dan ibu rumah tangga,” ujar Fanny, Selasa (17/12/19).

Dia mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera membuka galeri investasi di kantor-kantor pemerintah kabupaten/kota di Jateng agar PNS tahu adanya peluang investasi yang aman di pasar modal.

“Kita akan mulai dari kantor pemerintah terlebih dahulu, kemudian ke dinas dan sampai ke instansi. Yang sudah siap sekarang ada Pemkab Demak akan dibuka bulan Februari dan Kota Semarang di bulan April 2020,” jelasnya.

Adapun jumlah investor pasar modal yang tercatat di BEI Kantor Perwakilan Semarang, lanjutnya masih didominasi oleh pengusaha, karyawan swasta, dan mahasiswa.

Disebutnya, peningkatan investor yang signifikan terjadi di kalangan mahasiswa atau milenial yang melonjak hingga 50 persen.

“Kota Semarang dan kota-kota sekitarnya banyak didominasi investor muda dari usia 18 – 25 tahun yang notabene para mahasiswa. Ini buah dari galeri investasi di kampus yang kita buka,” ucapnya.

Pihaknya pun menargetkan investor yang berinvestasi di pasar modal pada 2020 mencapai 25.000 – 30.000 investor. Angka itu naik dari target 2018 sebanyak 7.000 investor dan 2019 sebanyak 15.000 investor. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here