Berita Hoax Kian Marak, Dispora Semarang Ingatkan Utamakan Cek Sumbernya

Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan Dispora Kota Semarang, R Budi Santoso dalam kegiatan Fokus Group Discussion Etika Bermedia Sosial Bagi Pemuda “Implementasi dan Dampak Hukum UU ITE” yang digelar KNPI Kota Semarang, di Hotel Siliwangi Semarang, Kamis (28/2).

SEMARANG – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Semarang mengingatkan pemuda agar pintar-pintar dalam menanggapi sebuah berita, pasalnya berita hoax belakangan semakin marak sehingga harus disaring terlebih dahulu kebenaran informasinya.

Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan Dispora Kota Semarang, R Budi Santoso mengatakan, pemuda dan masyarakat umumnya jangan langsung gegabah ketika menerima berita yang sumbernya belum jelas. Harus dilihat betul, ditelusuri apakah berita tersebut benar.

“Berita-berita yang kita terima harus kita saring dulu, dipelajaran betul benar apa tidak, saya yakin Pemuda Kota Semarang tidak gegabah dalam menerima informasi, harus dikaji benar-benar akurat apa tidak,” ujar Budi Santoso dalam kegiatan Fokus Group Discussion Etika Bermedia Sosial Bagi Pemuda “Implementasi dan Dampak Hukum UU ITE” yang digelar KNPI Kota Semarang, di Hotel Siliwangi Semarang, Kamis (28/2).

Dia pun mengaskan agar pemuda menjadi garda terdepan menolak berita bohong yang dapat menimbulkan perpecahan dan permusuhan sesama warga kebangsaan Indonesia.

Ditambahkan, selain itu pemuda juga harus bijaksana dan santun dalam menggunakan media sosialnya. Jangan malah ikut-ikutan menjadi penyebar berita hoax.

“Jangan mau diadu berita hoax, kita harus jaga kebersamaan, kekompakan dan kerukunan, baik antar pemuda, masyarakat juga dengan pemerintah Semarng. Kita sedulur, saudara semuanya,” tandasnya.

Sementara dalam kegiatan tersebut turut diikuti sedikitnya 100 pemuda di wilayah kota Semarang, yang berusia 16 – 30 tahun. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here